Sukses

5 Kebiasaan Kecil yang Bikin Hemat Saat Belanja

Tahukah Anda kalau ada beberapa kebiasaan belanja yang bisa bikin Anda lebih hemat?

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa orang memiliki kebiasaan tersendiri saat belanja. Ada yang terbiasa belanja hanya saat akhir bulan, ada yang punya kebiasaan belanja di beberapa tempat untuk kebutuhan yang sama, ada yang punya kebiasaan belanja menggunakan kartu kredit dan macam-macam kebiasaan lain.

Kebiasaan tentu berbeda antar individu. Namun, banyak kebiasaan saat belanja yang bikin pengeluaran lebih boros.

Namun, tahukah Anda kalau ada beberapa kebiasaan belanja yang bisa bikin Anda lebih hemat? Mau tahu apa saja kebiasaan menguntungkan tersebut, berikut ini lima kebiasaan kecil saat belanja yang bisa bikin Anda lebih hemat, seperti dikutip dari www.cekaja.com, :

1. Cek koran supermarket

Kebiasaan yang satu ini khas ibu-ibu rumah tangga. Banyak ibu-ibu yang hobi mengecek koran dan brosur supermarket. Kalau lagi beruntung, biasanya kita bakal menemukan promo-promo tertentu misalnya promo saat weekend atau diskon produk tertentu.

Karena itu, tidak ada salahnya untuk memulai kebiasaan yang satu ini. Karena itu, anggaran belanja bisa jadi lebih hemat dengan melakukan hal yang dianggap sepele ini.

2. Rajin minta brosur

Kebiasaan lain yang bisa bikin belanja lebih hemat adalah rajin minta brosur. Karena rajin minta brosur, Anda jadi tahu apa saja promo dan diskon yang ada.

Lalu, Anda juga tahu kapan waktu yang tepat untuk belanja karena sudah tahu dari kapan sampai kapan promo dan diskon besar-besaran diselenggarakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Member

3. Jadi member

Hal yang satu ini berlaku untuk Anda yang suka belanja banyak dalam waktu sama dan di tempat yang itu-itu saja. Misalnya, setiap belanja bulanan Anda pergi ke supermarket A dan belanja semua kebutuhan sekaligus.

Untuk itu, manfaatkan kartu keanggotaan yang biasanya ditawarkan oleh kasir maupun bagian sales supermaket.

Dengan menjadi member di supermarket tersebut, Anda bisa menghemat pengeluaran belanja bahkan hingga 30 persen dari seharusnya.

4. Gunakan kartu kredit

Kebiasaan menggunakan kartu kredit jika dilakukan dengan bijak juga dapat memberikan banyak keuntungan. Anda bakal mendapatkan kredit reward, potongan harga, bahkan cash back saat belanja dengan menggunakan kartu kredit. Hal ini bakal bikin anggaran belanja Anda menjadi lebih hemat.

Kalau Anda belum punya kartu kredit, sebaiknya segera bikin. Karena, Anda bisa ajukan kartu kredit secara online di sini.

5. Bandingkan harga antar supermarket

Kebiasaan lain yang bikin belanja lebih hemat adalah membandingkan harga antar supermarket. Misalnya bulan ini Anda belanja di supermarket A, lalu bulan depan di supermarket B, dan bulan depannya lagi di supermarket C.

Lewat kebiasaan tersebut, Anda bakal mengetahui mana supermarket yang memiliki harga lebih murah. Pastinya, ketika sudah mengetahuinya Anda bakal memilih yang lebih murah bukan?  (Ahm/Ndw)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini