Sukses

Jurusan Kuliah dengan Gaji Tertinggi di 2016

Masa depan gaji seseorang ternyata bisa ditentukan dari jurusan kuliah yang ia pilih.

Liputan6.com, Jakarta - Masa depan gaji seseorang ternyata bisa ditentukan dari jurusan kuliah yang ia pilih. Untuk itu, memilih jurusan saat Anda akan masuk kuliah sangatlah penting.

Dilansir dari CNBC, Selasa (17/5/2016), orang-orang yang menyelesaikan kuliah di jurusan STEM, yaitu ilmu pengetahuan (science), teknologi (technology), teknik (engineering), dan matematika (math) masih menempati posisi tertinggi soal jumlah gaji.

 



"STEM masih berada di posisi teratas tahun ini, konsisten dengan tahun sebelumnya," kata Andrea Koncz, manager riset National Association of Colleges and Employers.

Berikut daftar jurusan kuliah dengan gaji tertinggi 2016:

1. Teknik

Secara keseluruhan gaji lulusan baru dari jurusan teknik bisa mencapai US$ 65 ribu per tahun tahun ini. Angka tersebut naik tiga persen dibanding tahun sebelumnya.

Bidang studi teknik yang paling dicari para pencari kerja adalah teknik perminyakan, teknik kimia, teknik elektro, teknik komputer, dan teknik mesin.

2. Ilmu komputer

Banyaknya perusahaan teknologi saat ini tentu membuat lulusan dari jurusan ilmu computer sangat dicari. Gaji awalnya bisa mencapai US$ 61.321 per tahun, dan bisa naik lagi sampai US$ 105 ribu per tahun kalau sudah 10 tahun pengalaman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Matematika


3. Matematika dan ilmu pengetahuan

Setelah krisis keuangan global beberapa waktu lalu, orang-orang yang bergelar matematika dan ilmu pengetahuan ternyata paling dicari. Mereka ini ternyata bisa bekerja dengan baik di sektor keuangan.

Pekerjaan awal orang dengan gelar matematika atau ilmu pengetahuan bisa menghasilkan US$ 55 ribu per tahun. Dengan 10 tahun pengalaman, gaji itu bisa naik jadi US$ 95.300 per tahun.

4. Bisnis

"Bankir investasi menjadi pekerjaan paling dicari setelah lulus kuliah," kata pendiri Quadjobs, Andra Newman.

Tahun ini proyeksi pendapatan awal dari para lulusan jurusan bisnis sekitar US$ 52 ribu, naik sedikit ketimbang tahun lalu yang mencapai US$ 51.508 per tahun.

3 dari 3 halaman

Komunikasi



5. Komunikasi

Banyak kesempatan yang bisa diambil dari jurusan ini. Mulai dari hubungan masyarakat, penyiaran, hingga jurnalistik.

Mereka yang mempelajari komunikasi ternyata punya kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah dengan rata-rata gaji sekitar US$ 50 ribu per tahun.

Menurut laporan PayScale, mereka yang mengambil jurusan marketing dan komunikasi pendapatannya bisa mencapai US$ 82 ribu setelah 10 tahun pengalaman kerja. (Elsa/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini