Sukses

Harga Bawang Merah Mulai Turun pada Awal Pekan

Pemerintah telah melakukan berbagai cara untuk menurunkan harga bawang merah.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah melakukan berbagai cara untuk menurunkan harga bawang merah. Saat ini harga bawang merah masih di kisaran Rp 40 ribu per kilogram.

Dari hasil pantauan Liputan6.com di Pasar Tegal Parang, Jakarta Selatan, harga bawang merah tampaknya mulai turun. Harga bawang merah turun Rp 2.000 per kilogram (kg).

Sutarmi (55), salah satu pedagang sayuran, mengungkapkan awal pekan lalu harga bawang merah masih dibanderol Rp 42 ribu per kg. Namun saat ini dirinya sudah‎ menjual di harga Rp 40 ribu per kg.

"Sudah ada penurunan Rp 2.000, ya alhamdulillah, semoga terus turun, bukan malah naik, soalnya mau masuk Ramadan," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (16/5/2016).

Dia khawatir kebutuhan pangan jelang Lebaran akan mengalami kenaikan. Ini karena saat Ramadan banyak pedagang atau petani yang menaikkan harganya demi menikmati keuntungan lebih. "Untung ya untung, tapi semoga saja tidak tinggi-tinggi‎," kata dia.

Sementara pedagang sayuran lainnya, Maryam (46),‎ mengaku beberapa harga bahan pangan lainnya relatif stabil. Seperti halnya cabai rawit merah karena sudah beberapa minggu dirinya menjual di harga Rp 28 ribu per kilogram.

"Sampai saat ini kalau dilihat keseluruhan masih lumayan, tidak ada kenaikan berarti, tapi dalam hati saya juga waswas," ujar dia.

Berikut pantauan harga pangan di Pasar Tegal Parang, Jakarta Selatan:

Cabai merah rawit Rp 28 ribu per kg
Cabai merah keriting Rp 24 ribu per kg
Bawang merah Rp 40 ribu per kg
Bawang putih Rp 35 ribu per kg
Kol Rp 10  ribu per kg
Timun Rp 6 ribu per kg
Sawi Rp 8 ribu per kg
Wortel Rp 10 ribu per kg
Kentang Rp 12 ribu per kg
Tomat Rp 15 ribu per kg
Terong Rp 7 ribu per kg‎
Kacang panjang Rp 9 ribu per kg

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.