Sukses

Pertamina Tingkatkan Penjualan Bright Gas 5,5 Kg

Hingga saat ini tabung Bright Gas 5,5 kg telah terjual sebanyak lebih dari 100 ribu tabung.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero), terus meningkatkan penjualan Bright Gas 5,5 kilogram (kg).‎ Sejak diluncurkan pertama kali pada Oktober 2015, hingga saat ini tabung Bright Gas 5,5 kg telah terjual sebanyak lebih dari 100 ribu tabung.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, dalam jangka tiga bulan ke depan atau Juli, Pertamina menargetkan 200 ribu lebih rumah tangga menggunakan gas yang dibungkus dengan tabung berwarna merah muda (pink) tersebut.

"Sehingga dapat berkontribusi dalam upaya pencapaian target-target perseroan sekaligus semakin meningkatkan kehandalan pasokan energi untuk masyarakat konsumen yang lebih luas,” kata Wianda di Jakarta, Kamis (12/5/2016).

Pertamina yang sebelumnya selalu merugi dari bisnis Elpiji hingga Rp 4 triliun per tahun karena menjual Elpiji kemasan 12 kg di bawah harga keekonomian, kini berangsur positif. Penyesuaian harga Elpiji non subsidi kemasan 12 kg yang dilakukan bertahap hingga pada level keekonomian, menjadikan peluang bagi badan usaha lain untuk berkompetisi di pasar LPG non subsidi.

“Dalam kaitan itu pula kami hadirkan Bright Gas kemasan 5,5 kg untuk menangkap peluang pasar yang ada sekaligus sebagai produk penyangga antara Elpiji bersubsidi kemasan 3kg dan Elpiji 12kg,” ungkap Wianda.

Menurut Wianda, selain ingin menangkap pasar baru Pertamina juga ingin memanfaatkan swing user, di mana berdasarkan pantauan perusahaan sekitar 53 pesen pengguna loyal Elpiji 12 kg saat ini juga diketahui membeli Elpiji 3 kg dalam frekuensi yang lebih rendah, misalnya sebagai cadangan. Selain itu, Pertamina juga menangkap peluang konsumen dengan karakter low usability yang jumlahnya cukup besar.

“Konsumen ingin mendapatkan LPG dengan harga terjangkau tetapi tetap sesuai untuk status ekonomi serta behavior mereka dalam memasak dan Bright Gas 5,5 kg adalah pilihan yang tepat untuk konsumen dengan karakteristik tersebut,” ungkap Wianda.

Untuk terus mendorong masyarakat mampu tetap menggunakan LPG non subsidi, Pertamina melakukan promo dengan cara trade in atau tukar tabung. “Konsumen Elpiji 3 kg yang ini beralih ke Bright Gas 5,5 kg dalam banyak kesempatan secara seasonal kami lakukan promo trade in untuk penukaran tabung kosong Elpiji 3 kg dengan Bright Gas 5,5 kg cukup hanya dengan membeli isi LPG-nya saja," tutup Wianda. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.