Sukses

Internet Jadi Media Pemasaran Efektif Dongkrak Popularitas Merek

Perusahaan semakin aktif melakukan digital marketing untuk meningkatkan popularitas.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah pertumbuhan pengguna internet yang sangat signifikan, membangun popularitas merek (brand) melalui media digital (internet) tidak bisa dielakkan oleh pelaku bisnis di Indonesia. Media digital dirasakan sangat efektif guna membangun popularitas sebuah brand.

Chairman Tras N Co Research Tri Raharjo mengatakan, tren tersebut membuat perusahaan semakin aktif melakukan strategi digital marketing secara konsisten guna meningkatkan popularitas dan ekuitas merek.

"Ini diharapkan akan meningkatkan angka penjualan secara lebih terukur dan terencana," ujar dia di Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Dalam rangka memacu kreativitas pelaku bisnis lokal dalam memasarkan produknya melalui media digital, Tri menggagas sebuah penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA).

Ajang ini sebagai bentuk penghargaan bagi merek-merek di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktivitas brand melalui media digital sehingga memiliki keunggulan dan popularitas dibanding merek lainnya.

"Selain itu, penghargaan ini untuk memberikan apresiasi kepada merek-merek yang telah mampu menerapkan Digital Marketing strategy dan popular di mata pengguna internet, serta mendorong peraih penghargaan untuk tetap menjadi yang terdepan di era MEA ini, dan memacu pertumbuhan dunia usaha melalui digital marketing secara terus menerus," kata dia.

Untuk metodologi survei, lanjut Tri, pihaknya menggandeng IMFocus Digimarketing Consultant, yaitu melalui metodologi penilaian yang terdiri dari search engine based, social media based, dan website based.

Merek yang disurvei harus mencapai level popularitas tertinggi di mesin pencari di bobot maksimal 45 persen, sosial media di bobot maksimal 45 persen dan penilaian website sebanyak 10 persen.

"Kami melakukan pengelompokan setiap kategori bisnis, dalam satu kategori maksimal ada tiga pemenang dan mencapai di atas 10 ribu google result," kata Alex Iskandar, Managing Director IMFocus dan Google Certified Partner ini.

Rencananya, penghargaan diselenggarakan di Jakarta pada 2 Juni 2016. Perhelatan akan menampilkan berbagai kategori bisnis mulai dari perbankan, asuransi, otomotif, media, bisnis online, komputer, elektronik, alat tulis, food and beverages, farmasi, ritel, fashion, properti, dan lain-lain. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini