Sukses

Pengiring Pengantin Pria Keluarkan Biaya Lebih Mahal dari Wanita

Saat pernikahan, baik pengantin pria maupun wanita, orangtua mereka dan sahabat terdekat akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Liputan6.com, Jakarta - Baik mempelai wanita maupun pria, termasuk orangtua mereka, bisa mengeluarkan biaya puluhan atau ratusan juta untuk hari pernikahan. Namun, pemilik acara bukanlah satu-satunya yang harus mengeluarkan biaya.

Teman-teman terdekat mereka, yang akan menjadi pengiring pengantin juga termasuk pihak yang perlu mengeluarkan biaya tidak sedikit. Bahkan pengiring pengantin pria mengeluarkan uang lebih banyak dibandingkan pengiring pengantin wanita.

Menurut survei dari GoBankingRates.com rata-rata pengiring pria di Amerika Serikat (AS) akan menghabiskan biaya pada pakaian dan pesta bujang hingga menghabiskan US$ 245 atau sekitar Rp 3,2 juta (asumsi kurs Rp 13.319 per dolar Amerika Serikat) pada jas mereka dan US$ 681 atau sekitar Rp 9 juta untuk pesta bujang. Total biaya untuk mendukung pesta pernikahan teman dan kerabat tersebut dapat mencapai US$ 926 atau setara dengan Rp 12,33 juta.

Sementara pengiring pengantin wanita, mereka mengeluarkan US$ 214 atau sekitar Rp 2,85 juta untuk gaun dan US$ 437 atau sekitar Rp 5,82 juta untuk pesta bujangnya dengan total US$ 651 atau sekitar Rp 8,76 juta. Demikian mengutip dari thefiscaltimes.com, Selasa (10/5/2016).

Perbedaan tidak berhenti sampai di situ. Tiga dari 10 pengiring pria mengatakan kalau mereka menghabiskan lebih dari US$ 200 atau sekitar Rp 2,66 juta untuk hadiah pasangan pengantin. Sementara itu pihak pengiring pengantin wanita, hanya dua dari 10 yang menghabiskan biaya untuk hadiah.

Sedikit lebihnya, 48 persen pengiring pria dan 42 persen pengiring perempuan menghabiskan lebih dari US$ 200 atau sekitar Rp 2,66 juta  untuk tambahan pada keperluan pesta lainnya seperti akomodasi perjalanan, tata rias, rambut dan sepatu.

Meski pun pengiring pria menghabiskan biaya lebih dari rata-rata, bukan berarti pengiring wanita tidak akan mengeluarkan biaya lebih mahal. 32 persen dari pengiring wanita mengatakan pengeluaran mereka melebihi harapan mereka, dibandingkan dengan 28 persen dari pengiring pria.

Dengan melihat kondisi itu ternyata perlu juga merencanakan biaya pernikahan untuk perayaan orang lain. Salah satu cara dengan membuka tabungan. Lebih dari setengah dari pengiring wanita maupun pengiring pria mengaku menghabiskan biaya di luar perkiraan mereka. (Shabrina Aulia Rahmah/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini