4 Cara Manfaatkan Akhir Pekan Agar Produktif di Hari Kerja

Oleh Siska Amelie F Deil pada 01 Mei 2016, 06:00 WIB
Diperbarui 01 Mei 2016, 06:00 WIB
Harus Kerja di Akhir Pekan? Pakai Cara Ini Agar Tetap Semangat
Perbesar
Masih banyak pegawai yang membawa pekerjaannya ke rumah atau harus masuk kantor di hari Sabtu dan Minggu.

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja selama sepekan tentu membuat energi Anda terkuras hingga ingin sekali pulang cepat pada Jumat sore. Namun, saat Senin datang, Anda sadar akan mengulangi siklus serupa dengan tingkat stres yang tak jauh berbeda.

Mengurangi penat setelah bekerja, banyak orang memilih bermalas-malasan di akhir pekan. Padahal, waktu luang tersebut dapat dimanfaatkan  untuk mendorong produktivitas kerja dari Senin hingga Jumat.

Anda perlu beristirahat cukup, relaksasi, dan menghibur diri guna mempersiapkan diri saat kembali bekerja. Akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk mengisi kembali energi di tubuh dan membakar semangat.

Berikut empat hal yang bisa dilakukan di akhir pekan agar lebih siap menghadapi hari Senin seperti dilansir dari enterpreneur.com, Minggu (1/5/2016):

1. Jauhi gawai

Sebagian besar pegawai menghabiskan waktu kerjanya di depan layar komputer dibandingkan berkomunikasi langsung dengan rekan lain. Kebanyakan pegawai juga menghabiskan waktunya untuk berhubungan secara online menggunakan gawai dibandingkan terhubung secara langsung dalam pekerjaannya.

Namun terlalu lama online dapat membuat Anda merasa sangat penat. Maka, saat akhir pekan tiba, matikan seluruh gawai dan jauhi diri Anda dari dunia virtual. Anda bisa mulai membaca buku, menonton tv atau konser musik.

2. Berkumpul dengan teman dan keluarga

Jika Anda terlalu sibuk bekerja selama sepekan, maka luangkan waktu libur untuk berkumpul bersama teman dan keluarga. Bersenang-senanglah dengan orang-orang terpenting dalam hidup Anda.

Habiskan waktu berkualitas dengan meningkatkan hubungan bersama orang-orang tersayang. Kebahagiaan bersama mereka akan menjadi pembangkit semangat saat bekerja di awal pekan.

3. Mengkonsumsi buah dan sayur

Dengan jam kerja panjang, Anda seringkali tak memperhatikan pola makan hingga kadang tak makan sama sekali. Kondisi ini dapat membuat Anda cepat lelah dalam bekerja dan meningkatkan hormon stres.

Tenang saja, Anda masih bisa memanfaatkan waktu akhir pekan untuk mengkonsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur. Konsumsi makanan yang dapat meningkatkan sistem imun dan menambah energi baru di hari kerja.

4. Olahraga

Kesibukan di kantor seringkali membuat Anda mengabaikan pentingnya berolahraga. Di akhir pekan, cobalah untuk melakukan yoga, tenis, berjalan atau berenang.

Kegiatan itu dapat meningkatkan kembali kekuatan tubuh dan pikiran. Anda dapat lebih bersemangat bekerja di hari Senin. (Sis/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya