Sukses

Saat Sidak, Rizal Ramli Kembalikan Biaya Visa Turis Asing

Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli menggelar inspeksi mendadak (sidak) di Terminal Bandara Soekarno-Hatta.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli menyatakan telah mengembalikan biaya visa yang dibayar oleh turis asing.

Para turis tersebut tetap membayar visa lantaran tidak tahu soal kebijakan bebas visa kunjungan yang telah diterapkan pemerintah bagi 169 negara.

Rizal mengatakan, saat dirinya melakukan inspeksi mendadak (sidak) ternyata masih banyak turis asing yang membayar visa kunjungan sebesar US$ 35. Padahal turis tersebut berasal dari negara yang masuk dalam daftar bebas visa.

"Tapi begitu (turis) di kasih penjelasan, mereka terima kasih dan senang sekali. Dan tadi di-refund (dikembalikan). Jadi banyak masalah sebetulnya karena informasi. Ini yang akan kita minta kepada Departemen Luar Negeri supaya yang memang negara bebas visa tidak usah bayar," kata dia saat sidak layanan bebas visa di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (25/4/2016).

 

Namun sayang, pengembalian biaya pengurusan visa tersebut hanya dilakukan kepada turis asing yang berada di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta saat sidak berlangsung hari ini. Sedangkan bagi turis yang sebelumnya telah membayar tidak di-refund.

"‎Iya tadi di-refund. Yang sebelumnya ya nggak. Ya pokoknya harus disosialisasikan," kata Rizal.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi mengatakan, kebijakan bebas visa ini seharusnya disosialisasikan sampai ke tingkat petugas di lapangan, termasuk para teller bank. Lantaran pembayaran visa tersebut dilakukan melalui perbankan.

"‎Bank bisa saja tidak tahu. Tapi apa yang kita temui hari ini (sidak) itu sesuatu yang baik. Semua stakeholder di sini jadi tahu. Saya pikir nggak ada yang perlu diperdebatkan. Sosialisasi kurang maksimal, kunjungan ini menemukan sesuatu yang kurang maksimal itu jadi kita tingkatkan," ujar dia.

Budi juga mengatakan, sebenarnya semua pihak yang berkaitan dengan Bandara Soekarno-Hatta telah memiliki forum komunikasi. Namun sayangnya selama ini forum tersebut lebih banyak membahas soal penyelesaian proyek Terminal 3 Ultimate.

"‎Forum ini terakhir konsentrasi di Terminal 3 Ultimate. Jadi ya luput (soal bebas visa kunjungan). Manusia luput dari masalah tapi saya pikir pertemuan hari ini baik dan banyak manfaatnya," tutur Budi. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini