Sukses

Rizal Ramli: Banyak Turis Belum Tahu Kebijakan Bebas Visa

Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli minta pihak Imigrasi, Angkasa Pura, dan Kemenhub sosialisasi kebijakan bebas visa.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta. Ia melakukan tinjauan terkait implementasi kebijakan bebas visa kunjungan (BVK) bagi 169 negara.

Dalam sidak tersebut, Rizal menemukan masih banyak turis asing yang belum mengetahui jika telah mendapatkan bebas visa. Menurut dia, hal ini karena kurangnya sosialisasi dari pihak-pihak terkait di bandara.

"Ternyata masih banyak yang belum tahu di Indonesia mereka bebas visa. Kami datangi beberapa, ketemu turis, ada yang belum mengerti dan tetap bayar US$ 30 (biaya visa)," ujar dia saat sidak layanan bebas visa di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Senin (25/4/2016).

Selain itu, ada juga wisatawan yang sudah tahu terkait kebijakan ini namun menyampaikan keluhan karena tetap dikenakan biaya visa. Hal seperti ini yang dinilai perlu segera dibereskan.

"Ada yang ngerti, mereka komplain karena tetap ditagih. Jadi perlu sosialisasi betul-betul kita bebas visa," kata dia.

Rizal mengatakan, pihaknya meminta pihak terkait seperti Imigrasi, Angkasa Pura selaku pengelola bandara, Kementerian Perhubungan untuk melakukan sosialisasi di bandara. Hal itu agar turis asing mengetahui kebijakan bebas bisa.

Selain itu, dirinya juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk melakukan sosialisasi di negara yang masuk dalam daftar bebas visa kunjungan.

"Kita minta deputi kirim surat ke Menteri Luar Negeri agar ada sosialisasi di negara yang kita berikan bebas visa supaya mereka memahami ini," ujar dia. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini