Sukses

Lakukan 6 Hal Ini Saat Minta Kenaikan Gaji

Saat menegosiasi kenaikan gaji, Anda harus melakukannya dengan cerdas.

Liputan6.com, Jakarta - Tentunya pendapatan yang Anda hasilkan saat ini adalah motivasi Anda untuk tetap terus bertahan pada pekerjaan Anda saat ini. Akan tetapi, bila pekerjaan Anda tidak setimpal dengan bayaran yang Anda dapatkan, Anda perlu untuk menegosiasikannya dengan atasan Anda.

Saat Anda sedang menegosiasikan kenaikan gaji, Anda harus melakukannya dengan cerdas. Tentunya sebelum berniat menegosiasikan harga, tentunya Anda harus memposisikan diri Anda sebagai orang yang memang pantas mendapatkannya.

Sudah seharusnya Anda mendapatkan gaji yang sesuai dengan pekerjaan Anda. Melansir dari Vogue (12/4/2016) berikut adalah kiat-kiat yang bisa Anda terapkan saat melakukan negosiasi dengan atasan Anda.

1. Bijak memilih kalimat

Anda harus meyakinkan atasan Anda bahwa Anda memiliki sesuatu yang bisa diberikan pada perusahaan, tidak hanya sekedar meminta uang.

Selain itu, pilihlah kata-kata yang tidak akan membuat atasan Anda naik pitam bila mendengarnya. Misalnya, saya menawarkan untuk melakukan x, y, z...

Lalu untuk menawarkan kenaikan, maka Anda sebaiknya mengatakan, saya bersedia bekerja dengan biaya x per jam. Hindari bentuk pertanyaan, apakah Anda menerima saya dengan gaji x per jam?

2. Hindari bahasa tubuh memelas

Anda memang membutuhkan kenaikan gaji. Namun bersikap tidak tegas hanya akan membuat profesionalisme Anda dipertanyakan.

Anda harus membicarakan perihal kenaikan gaji ini secara langsung dengan atasan Anda. Tunjukkan kepercayaan diri Anda sebagai tenaga kerja yang berkualitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Atur suara

3. Atur suara Anda

Hal ini bukanlah hal yang perlu terlalu dibuat-dibuat. Bila Anda serius, maka suara yang pantas akan keluar secara natural dari diri Anda.

Tetapi dalam kasus yang berhubungan dengan kepercayaan diri, terkadang ada orang yang gugup sehingga suaranya parau. Anda dapat melatih suara Anda lebih rendah, agar terdengar lebih sopan.

4. Gunakan pakaian yang rapi

Sebelum bertemu atasan Anda, pastikan Anda menggunakan pakaian yang rapi. Jangan berlebihan sehingga berbeda dari diri Anda sebelumnya.

Setidaknya, Anda bisa menyetrika pakaian sebelum menggunakannya. Anda harus membuat diri Anda nyaman dan nampak percaya diri.

5. Bayangkan hal yang menyenangkan

Tentunya menegosiasikan hal seperti uang adalah hal yang bisa membuat Anda gugup. Untuk mengatasinya, maka Anda harus mengalihkan segala pikiran negatif yang muncul dari dalam diri Anda.

Untuk membantu, Anda bisa membayangkan hal-hal yang menyenangkan seperti kesuksesan Anda di masa depan.

6. Jadi diri sendiri

Setelah merubah sedikit penampilan, Anda tinggal mempersiapkan diri untuk lebih percaya diri dan menjadi diri Anda sendiri.

Bukan berarti Anda seenaknya, namun penting untuk diingat bahwa Anda serius, tidak berpura-pura. Bersikap sewajarnya sesuai keperluan Anda. (Shabrina Aulia Rahmah/Ndw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini