Sukses

Tengok 10 Jurusan Kuliah yang Dipilih Para Miliarder

100 miliarder terbaik pernah menempuh pendidikan di universitas.

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin pernah mendengar cerita mengenai miliarder dunia, seperti Mark Zuckerberg yang sukses meski drop out kuliah. Kenyataannya, pendiri Facebook hanyalah satu dari sekian banyak orang sukses yang hanya sebentar mengenyam pendidikan. Beberapa miliarder lain berhasil menyelesaikan kuliah dan meraih sukses setelahnya.

Mungkin ada beberapa dari Anda yang masih bingung menentukan jurusan kuliah apa yang akan diambil. Jika memiliki uang dalam jumlah besar merupakan salah satu tujuan setelah lulus, mungkin Anda bisa mengikuti jejak para miliarder dunia ini.

Tetapi perlu diingat bahwa kesuksesan tidak datang begitu saja, melainkan harus diusahakan. Melansir dari telegraph.co.uk, Sabtu (9/4/2016) berikut adalah 10 jurusan yang biasa oleh para miliarder.

1. Filsafat

Menurut Complete University Guide (CUG) Oxford, Cambridge, London School of Economics (LSE) dan Exeter merupakan tempat yang baik untuk belajar filsafat. Selama dua dekade terakhir, hanya ada empat dari 100 miliarder telah mempelajari subjek ini. Salah satu dari mereka adalah George Soros. Para miliarder ini membuktikan bahwa pemikiran yang mendalam dapat menguntungkan.

2. Pemasaran

Pembelian, penjualan, bahkan perdagangan merupakan hal-hal yang dipelajari di jurusan ini. Tak heran bahwa jurusan ini juga diambil 5 dari 100 miliarder terbaik. Walaupun jumlah tersebut sangat kecil, namun keterampilannya sangat bermanfaat untuk dunia bisnis. Sebanyak 5 dari 100 miliarder terbaik mengambil jurusan ini, dengan Robert Kuok diantaranya.

3. Matematika

Complete University Guide (CUG) menobatkan Universitas Cambridge menjadi kampus terbaik untuk mereka yang ingin mempelajari matematika. Oxford menempati posisi kedua. Bukan suatu hal yang mengejutkan bila miliarder bisa melakukan perhitungan statistik.

Oleh karena itu, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengambil jurusan tersebut. Salah satu dari 5 dari 100 miliarder mengambil jurusan ini. Salah satunya adalah James Simons.

4. Ilmu Komputer

Dalam era media sosial, setiap pengusaha akan mulai memanfaatkan internet demi membangun usahanya. Ilmu komputer menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang teknologi. Sebanyak 6 dari 100 miliarder terkaya memilih Ilmu Komputer. Co-founder Google, Sergey Brin adalah miliarder yang mengambil jurusan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah

5. Sejarah 

Sebanyak 7 dari 10 miliarder memiliki minat terhadap sejarah dan mengambil jurusan tersebut. Sayangnya, 7 orang ini merupakan pewaris dari para miliarder sehingga ketertarikan mereka pada sejarah bukanlah hal yang memberikan kesuksesan pada mereka.

Bila Anda tertarik untuk mengambil subjek ini, Harvard dan Cambridge merupakan kampus pilihan utama dari 100 miliarder.

6. IPA (Fisika dan Kimia)

Kimia, fisika ataupun biologi, CUG menempatkan Cambridge, Oxford san Imperial College London menjadi pilihan untuk jurusan IPA. Pendiri Basic Element, Oleg Durham adalah miliarder yang mengambil jurusan Fisika. Dia merupakan 8 dari 100 miliarder terbaik yang mengambil jurusan IPA.

7. Hukum

Hukum adalah gelar yang terkenal dengan saingan yang kompetitif. Jurusan ini dapat diambil penuh waktu atau sebagai program konversi. Tahun 2016, CUG menempatkan Cambridge, Oxford, Durham, LSE dan University College London sebagai tujuan utama untuk subjek hukum 15 dari 100 miliarder mengambil gelar ini.

3 dari 3 halaman

Ekonomi

8. Ekonomi

Jurusan kali ini menempa miliarder yang cukup banyak. 36 dari 100 miliarder terbaik memilih ekonomi. Tentu saja jurusan ini tidak membahas jauh mengenai uang. CUG melabeli Cambridge, Warwick, Oxford, LSE dan UCL sebagai 5 besar universitas yang memiliki jurusan ekonomi terbaik di Inggris.

9. Bisinis

Ingin belajar bisnis dan manajemen?. Sebanyak 38 dari 100 miliarder terbaik mempelajari subjek ini. Namun Oxford atau Cambridge, bukanlah kampus pilihan yang tepat.

Menurut CUG tempat terbaik untuk mempelajari Bisnis adalah Bath, St Andrews ,LSE ,Warwick dan Loughborough.

10. Teknik

Sejauh ini, teknik menjadi jurusan yang paling diminati miliarder. Ada 48 dari 100 miliarder terbaik yang mengambil jurusan teknik.

Bidangnya beragam, mengingat jurusan ini termasuk bahan kimia, listrik ataupun teknik sipil. Imperial College London adalah salah satu tempat terbaik di Inggris untuk belajar teknik. (Shabrina Aulia Rahmah/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini