Sukses

Pengusaha Ingin Bantu Pemerintah Bangun Pembangkit Mikro Hidro

Semakin banyaknya BUMN menggandeng perusahaan swasta akan mampu meningkatkan pemerataan ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta kepada pemerintah untuk meningkatkan sinergi dengan perusahaan swasta dalam mengerjakan proyek-proyek infrastruktur strategis. 

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Konstruksi dan Infrastruktur Erwin Aksa mengungkapkan, salah satu sektor yang perlu ada peningkatan sinergi adalah energi terutama pembangunan pembangkit listrik yang ramah lingkungan.

Erwin mengaku, banyaknya proyek pembangunan bendungan yang dikerjakan pemerintah melalui BUMN menjadi satu potensi pengembangan pembangkit listri ramah lingkungan mikro hidro.

"‎Harapannya kerjasama ini, mikro hidro itu bisa dibangun oleh swasta jangan malah PLN lagi, jadi nanti kami kembangkan, nanti distribusinya kami baru bisa jual ke PLN," kata dia di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Semakin banyaknya BUMN menggandeng perusahaan swasta, dipastikan Erwin mampu meningkatkan pemerataan ekonomi. Selain itu, perusahaan-perusahaan yang selama ini sulit mengerjakan proyek besar, bisa semakin maju.

Tidak hanya itu, dia juga berharap adanya fasilitas pendanaan yang mumpuni dalam mempercepat pembangunan infrastruktur di Indonesia. Selama ini, perbankan yang dimiliki Indonesia memiliki fasilitas pendanaan yang terbatas.

"Jadi dibutuhkan lembaga pembiayaan ekuitas khusus yang membiayai proyek-proyek infrastruktur," tegas Erwin. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini