Sukses

Medco Energi Mulai Kembangkan Blok A di Aceh

Medco Energi memegang sekitar 41,67 persen di Blok A, Aceh, sehingga menjadi operator di blok tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) melalui anak perusahaannya PT Medco E&P Malaka (MedcoEnergi) telah melakukan penandatanganan rekayasa pengadaan dan konstruksi ‎(Engineering Procurement and Construction/ EPC‎) untuk pengembangan Blok minyak dan gas A di Aceh.

CEO Medco Energi Roberto Lorato mengatakan, kontrak senilai AS$ 240 juta dikerjakan konsorsium dari PT JGC Indonesia dan PT Encona Inti Industri (JEC) untuk pengembangan proyek gas Blok A di Aceh.

JEC adalah konsorsium dari PT JGC Indonesia dan PT Encona Inti Industri. JGC telah menyelesaikan pengembangan kilang LNG Donggi Senoro di Sulawesi Tengah di 2015.

"Penandatanganan ini merupakan fase pertama dari rencana pengembangan dan monetisasi cadangan Blok A," kata Roberto, di Jakarta, Rabu (30/3/2016).

 

Penandatanganan ini menegaskan kembali posisi strategis Medco Energi sebagai perusahaan energi independen terkemuka di Indonesia, yang akan memberikan kontribusi signifikan untuk pertumbuhan nasional dan mendukung rencana pemerintah dalam pengembangan infrastruktur di propinsi Aceh.
‎

Pasokan g‎as pertama akan dimulai pada kuartal I 2018, yang telah ditandai dengan penandatanganan jual beli gas (PJBG) pada Januari 2015 dengan Pertamina.

Medco Energi akan memasok gas harian sebesar 58 BBTU per hari, dengan volume gas sebesar 198 Triliun BTU selama periode 13 tahun.

Dalam mengelola  Blok A‎,  Medco Energi‎ ‎memegang hak partisipasi blok mayoritas sebesar 41,67 persen sehingga juga menjadi operator blok tersebut, sedangkan rekannya KrisEnergy memegang 41,66 persen dan Japex 16,67 persen. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini