Sukses

Mau Jadi Pengusaha Sukses? Simak 7 Tips Jitu Ini

Tentunya dalam bisnis, Anda tidak hanya mengorbankan biaya, melainkan juga menginvestasikan waktu dan pemikiran Anda.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi pengusaha dan memulai bisnis baru tentunya memerlukan persiapan yang matang. Dalam hal ini, tidak hanya mematangkan dalam hal materi, namun juga kesiapan diri Anda.

Terdapat banyak pengusaha yang sudah memulai bisnisnya di Indonesia. Apalagi mengingat kompetitor lain memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang.

Tentunya dalam bisnis, Anda tidak hanya mengorbankan biaya, melainkan juga menginvestasikan waktu dan pemikiran Anda. Melansir dari Business 2 Community, Selasa (29/3/2016) berikut adalah tips yang harus diketahui para pengusaha agar bisnisnya sukses.

1. Tetap fokus

Ketika menjalankan bisnis, berarti Anda perlu menguasai sejumlah keterampilan. Daripada memutuskan untuk buru-buru membangun website, merancang brosur atau membuat video YouTube, sebaiknya Anda memikirkan inti dan kekuatan pada bisnis Anda terlebih dahulu. Dengan begitu Anda bisa fokus pada langkah-langkah yang sesuai, tidak melakukan hal yang percuma.

2. Perbanyak relasi

Ketika bicara soal pemasaran, relasi menjadi kunci penting. Mulailah untuk mencari seseorang di luar sana dan beri tahu mereka tentang bisnis Anda. Ini adalah cara yang yang bagus untuk memperkenalkan Anda dan produk Anda. Selain itu, Anda juga bisa membangun komunitas dengan orang-orang yang memiliki satu pemikiran dengan Anda dan belajar untuk mengembangkan bisnis Anda.

3. Belajar dari yang lain

Dapatkan satu atau dua tutor yang memiliki pengalaman pada bisnis Anda atau bidang terkait bisnis. Dengarkan semua yang mereka katakan tentang kesalahan pada pemasaran yang pernah mereka buat dan hal yang mereka pelajari dari kegagalan tersebut. Akan jauh lebih baik untuk belajar dari kesalahan orang lain daripada belajar dari kesalahan Anda sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Bangun cerita di balik brand

Bersiaplah untuk menceritakan kisah Anda. Ceritakan hal yang mendorong Anda untuk memulai bisnis baru. Lihat ke beberapa pebisnis terkenal untuk inspirasi. Anda harus mengkomunikasikan cerita Anda melalui banyak saluran, baik online atau offline. Paling tidak cara ini akan mendapatkan perhatian dari orang-orang yang berminat.

5. Dengarkan kustomer

Memulai usaha kecil tidak hanya tentang memiliki produk yang hebat, tetapi juga memahami apa yang benar-benar dibutuhkan oleh pelanggan. Ini adalah cara dalam pemasaran untuk memastikan agar bisnis Anda benar-benar berjalan. Bagaimana pun juga, bisnis Anda hanya akan berhasil apabila Anda memiliki pelanggan.

6. Siap untuk perubahan

Kebanyakan orang yang memulai bisnisnya tidak pernah berjalan mulus pada tahap awal. Anda memerlukan upaya lebih sebelum benar-benar memiliki konsumen yang setia. Anda harus bisa memperkirakan, belajar dan beradaptasi dengan cepat. Jangan pertahankan desain brosur produk Anda ketika hal tersebut memang tidak menarik bagi konsumen Anda.

7. Segera mulai

Tidak ada artinya bila ide di kepala Anda tidak pernah direalisasikan. Oleh karena itu, bila Anda sudah memiliki konsepnya, segera mulai untuk menjalankan bisnis Anda. Bila Anda terus menunggu waktu yang tepat, Anda bisa saja dikalahkan oleh pendatang lainnya.

(Shabrina Aulia Rahmah)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini