Sukses

7 Sikap Ini Bikin Anda Tak Akan Pernah Kaya

Para miliarder dan pengusaha sukses sangat memperhatikan sikapnya sehari-hari. Sebab hal itu dapat menentukan seberapa sukses dirinya.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan cara dapat membuat Anda menjadi kaya dan terbebas dari jerat kemiskinan. Hal itu termasuk kebiasaan, sikap dan keyakinan dalam mengumpulkan kekayaan.
 
Para miliarder dan pengusaha sukses sangat memperhatikan sikapnya sehari-hari. Sebab hal itu dapat menentukan seberapa sukses dirinya secara finansial di masa depan.
 
Tentu saja, tak ada jaminan bahwa seseorang dapat memprediksi masa depan dengan tepat. Meski begitu, terdapat beberapa sikap yang dapat menghindarkan Anda dari kesuksesan.
 
Berikut tujuh sikap yang membuat Anda tak akan pernah kaya seperti dilansir dari Business Insider, Jumat (25/3/2015):
 
1. Membeli barang yang tak mampu dibeli
 
Lebih besar pengeluaran daripada pemasukan akan memberikan tekanan finansial pada diri Anda. Bahkan saat gaji naik, gaya hidup juga akan terus meningkat.
 
Kondisi ini akan menyulitkan Anda untuk menyesuaikan pemasukan dan pengeluaran pribadi. Akhirnya, kemungkinan terburuk, Anda akan terlilit utang dan kesulitan membayarnya.
 
2. Hanya bersenang-senang di waktu luang
 
Orang kaya akan lebih senang belajar dibandingkan bersenang-senang. Lihat saja miliarder Warren Buffett yang mendedikasikan 80 persen waktu luang untuk membaca buku.
 
Bahkan menurut sebuah penelitian, 67 persen dari orang kaya hanya menonton televisi satu jam per hari. Sebaliknya, hanya 23 persen dari kalangan bawah yang menonton televisi di bawah satu jam.
 
Orang kaya lebih suka membaca buku dan mengembangkan diri dibandingkan bersenang-senang semata.
 
3. Tidak menabung saat muda
 
Pada akhirnya, kekayaan tidak ditentukan berdasarkan seberapa banyak uang yang dihasilkan, tapi seberapa besar yang berhasil disimpan. Jika ingin kaya, Anda harus mulai menabung sedini mungkin. 
 
Yang terpenting, jangan pernah tergoda menggunakan uang tabungan tersebut kecuali untuk keadaan yang sangat darurat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

 
4. Bekerja demi uang
 
Jika Anda bekerja demi uang, itu memberikan kekuatan pada atasan. Sebaliknya, buat uang yang bekerja untuk Anda, sehingga dapat mengendalikannya.
 
Membuat uang bekerja, seperti memulai usaha baru, berinvestasi, atau menjadi bos untuk diri sendiri, akan menghindarkan Anda dari ketidakpastian finansial.
 
5. Bertahan pada pekerjaan yang tak disukai
 
Langkah penting dalam menimbun kekayaan adalah mencari dan menemukan passion pribadi. Setiap pengusaha yang sukses menjadi miliarder ternyata mengikuti passion pribadinya. Artinya, bertahan pada pekerjaan yang tak Anda cintai hanya akan menjauhkan diri dari kekayaan.
 
Tak ada harapan sukses bagi orang-orang yang memiliki kepribadian negatif. Kesuksesan datang dari bagaimana Anda berusaha secara kooperatif dengan orang lain. 
 
Kepribadian yang negatif hanya akan mengurangi sikap kooperatif Anda.
 
7. Takut gagal
 
Kebanyakan orang tak akan pernah menang karena mereka takut kalah. Manusia dirancang untuk senantiasa belajar. Begitu pula saat mereka menemukan kegagalan dalam bisnis atau pekerjaan.
 
Manusia dapat belajar bangkit dan melangkah setelah jatuh. Tak pernah jatuh berarti Anda tak akan bisa bangkit dan melangkah.
 
Maka hanya orang-orang yang berani gagal yang dapat mengumpulkan kekuatannya untuk sukses dan menjadi kaya raya.(Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.