Sukses

7 Cara Buat Kesan Baik di Rapat bagi Orang Pendiam

Orang introvert sering memiliki banyak ide maupun pertanyaan di dalam kepalanya.

Liputan6.com, Jakarta - Rapat mingguan sudah menjadi standar bagi setiap tempat kerja. Tentunya dalam rapat tersebut ada orang-orang yang pendiam ataupun introvert sehingga malu untuk mengungkapkan pendapat mereka.

Dilansir dari The Muse, Kamis (17/3/2016) seorang introvert sering kali memiliki banyak ide maupun pertanyaan di dalam kepalanya.

Namun mereka merasa tidak mampu untuk mengungkapkannya karena merasa percakapan sudah didominasi oleh mereka yang senang berbicara.

Lalu, bagaimana bila Anda merupakan salah satu dari orang introvert? Berikut adalah kiat-kiat yang perlu Anda lakukan untuk meninggalkan kesan baik pada rekan kerja Anda saat melakukan rapat.

Sebelum Rapat

1. Lihat agenda rapat

Pastikan Anda menyampaikan pemikiran Anda dalam diskusi yang tepat. Sebelum rapat, pastikan Anda mengetahui agenda rapatnya terlebih dahulu. Tentunya Anda tidak ingin mempersiapkan hal yang sia-sia, bahkan dipermalukan karena yang Anda sampaikan tidak sesuai dengan topik.

2. Tulis pemikiran Anda dan lakukan latihan untuk mengutarakannya

Orang yang pendiam biasanya tidak bisa berbicara banyak ketika harus mengutarakan ide secara langsung. Mereka harus berpikir lebih lama dibandingkan yang lainnya sebelum mereka diskusi dengan orang lain.

Oleh karena itu, diperlukan latihan agar Anda dapat menyusun kata-kata supaya meninggalkan kesan untuk para kolega Anda.

Untuk mempermudah, Anda bisa membuat catatan kecil dengan menuliskan inti-inti hal yang ingin Anda ucapkan. Lakukan dengan natural dan hindari menghapal setiap detail kata.

3. Tenangkan diri sebelum rapat

Jangan terburu-buru ketika Anda menghadiri rapat pada menit terakhir. Hal tersebut bisa membuat Anda merasa lebih stres. Sebaliknya, berikan diri Anda waktu untuk sendirian sebelum rapat dimulai, untuk membuat Anda merasa lebih mantap.

Turunkan tingkat stres Anda sehingga Anda tetap terlihat tenang hingga rapat menjelang. Hindari pemikiran-pemikiran negatif datang, pikirkan hal-hal yang positif. Bayangkan betapa memukaunya Anda saat mengungkapkan pendapat saat Rapat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Saat rapat

5. Jangan menunda-nunda

Saat rapat sudah dimulai, pastikan Anda mengutarakan ide Anda pada awal-awal dimulainya rapat. Anda dapat melakukannya jelang 10 hingga 15 menit. Semakin lama Anda menunda, maka akan semakin banyak kekhawatiran yang Anda pikirkan.

6. Beri waktu untuk diri Anda saat sesi pertanyaan

Terkadang kolega Anda akan bertanya mengenai ide yang Anda utarakan. Bila kemudian Anda merasa gugup, lalu tidak bisa berpikir dengan cepat untuk menjawab pertanyaan tersebut, jangan terburu-buru menjawabnya.

Lontarkan kalimat ‘pertanyaan yang bagus’ atau ulangi kembali pertanyaan yang dia tanyakan. Setidaknya hal tersebut akan memberikan celah kepada Anda untuk berpikir.

7. Tetap kuasai diri bila di interupsi

Selain kolega yang bertanya, juga ada yang suka melakukan interupsi. Kemungkinan besar hal ini akan membuyarkan konsentrasi Anda. Untuk mengatasinya, ingatlah selama Anda sedang mengutarakan ide Anda, akan terdapat kemungkinan tersebut.

Lalu, apabila terjadi, Anda bisa menahan interupsi dengan memberikan gesture untuk menundanya berbicara atau tunggu hingga ia selesai, lalu lanjutkan kembali pemikiran Anda dengan kalimat ‘Sebelum itu, saya masih punya beberapa pemikiran lagi’. (Shabrina Aulia Rahmah/Ahm)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.