Sukses

Pemerintah Jajaki Perpanjangan Impor Minyak dari Azerbaijan

Indonesia telah menjalin kerja sama impor minyak dengan Azerbaijan pada 2015 dan akan berakhir di pertengahan 2016 ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah sedang menjajaki perpanjangan impor minyak mentah dari Azerbaijan untuk memenuhi kebutuhan minyak di dalam negeri.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, Indonesia telah menjalin kerjasama impor minyak dengan Azerbaijan pada 2015 dan segera berakhir pada pertengahan 2016.

Selanjutnya pemerintah ingin impor ‎tersebut diperpanjang kembali. "Mulai tahun lalu. Kontraknya setahun-setahun, habis pertengahan tahun ini," kata Wirat di Gedung DPD, Jakarta, Selasa (8/3/2016).

Dia mengungkapkan, niat perpanjangan impor minyak tersebut diungkapkan dalam pertemuan dengan pemerintah Azerbaijan ‎ saat berkunjung ke Indonesia beberapa hari lalu.

"Di bidang migas dengan Azerbaijan memang kita punya kerjasama. Satu joint commitee di bidang energi. Yang 2015 kemarin kita berkunjung ke sana, dan 2016 ini harusnya mereka yang berkunjung ke sini," tutur dia.


Minyak mentah asal Azerbaijan pada kontrak pertama diolah dalam fasilitas pengolahan minyak (kilang) PT Pertamina (Persero) di Cilacap. Atas kerjasama tersebut Indonesia langsung mengimpor minyak dari negara asal tidak melalui perantara.

"Crude mereka paling cocok dengan kilang kita yang di Cilacap. Sekarang dengan kerja sama ini kita bisa impor crude langsung," ungkap dia.

Wirat mengungkapkan, produksi minyak Azerbaijan‎ mencapai 800 ribu barel per hari (bph). Namun dengan jumlah penduduk yang sedikit, negara ini hanya mengkonsumsi minyak 200 ribu bph, sedangkan sisanya diekspor.

"Produksinya kan 800 ribu barel, sementara penduduknya sedikit. Jadi konsumsinya sedikit," dia menuturkan.

Wirat menambahkan, selain Azerbaijan, Indonesia sedang menjajaki impor minyak mentah yang sesuai dengan kilang Indonesia dari Iran‎. Selain itu juga sedang dijadikan penjajakan kerjasama investasi.

"Rencana insentif dari kita memang kita beli crude dari sana. Lagi didiskusikan. Jumlahnya masih didiskusikan, disesuaikan dengan kilang kita. Kita juga lagi dorong agar Iran bangun kilang dan SPR (strategic petroleum reserve)," tutup Wirat. (Pew/Nrm)

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini 


 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini