Sukses

Keluhkan Harga, Ini Pinta Peternak Ayam kepada Pemerintah

Pemerintah diminta segera membuat solusi jangka pendek untuk menyelamatkan nasib peternak ayam nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Peternak unggas khususnya ayam, terus mengeluhkan rendahnya harga beli ayam di tingkat peternak. Padahal di pasaran harga ayam cukup tinggi.

Peternak rakyat mandiri asal Bogor Jawa Barat Kadma Wijaya mengungkapkan, meroketnya harga ayam saat ini murni akibat membanjirnya pasokan di pasaran. Imbasnya, harga live bird (LB) peternak sangat rendah.

Pemerintah, diminta segera mengambil tindakan. Salah satunya dengan melanjutkan upaya afkir dini atau pelepasan indukan produktif ke pasar. Langkah ini diharapkan mampu mengkontrol harga ayam dan kesejahteraan peternak ikut terjaga.

“Kesepakatan afkir ini sudah sejak lama kami minta.  Namun ini akhirnya dihentikan karena rekomendasi KPPU yang menyatakan adanya kartel,” ujar dia dalam keterangannya, Senin (7/3/2016).

Pengamat ekonomi pertanian Indef Bustanul Arifin mengatakan, memburuknya industri perunggasan nasional saat ini, merupakan kelambanan pemerintah dalam merespon keluhan yang disampaikan peternak dan dunia usaha.

“Lanjutkan saja afkir dini itu, sebab tidak ada solusi, kalau tidak dilanjutkan ini korban politik, kalau tidak (afkir) siapa yang berani jamin peternak bertahan,” kata dia.

Untuk mengungkap dugaan adanya kartel di lapangan, Guru Besar Pertanian Universitas Lampung ini berharap, proses persidangan yang dilakukan KPPU tetap berjalan. Namun pemerintah segera membuat solusi jangka pendek untuk menyelamatkan nasib peternak mandiri nasional.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Muladno mengatakan, proses afkir dini yang direncanakan pemerintah merupakan hasil rumusan panjang yang disampaikan kalangan peternak dan pelaku usaha sektor unggas nasional.

Peternak berteriak terkait murahnya harga jual ayam dan mendesak pemerintah untuk segera melakukan upaya menyelamatkan peternak nasional. Pemerintah berharap dengan upaya itu, gonjang ganjing mengenai harga segera teratasi.

“Saya udah laporkan juga ke Pak Menteri, dan itu dilakukan untuk jangka pendek. Saya sudah minta kepada KPPU melanjutkan afkir dini tapi belum di bahas, sebab untuk saat ini itu (afkir) paling benar, kedua operasi pasar kita beli harga ayam yang lebih tinggi kepada peternak agar kerugiannya terkontrol, wong faktanya demikian banyak peternak yang rugi,” papar dia. (Yas/Nrm)

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.