3 Kesalahan Keuangan yang Sering Dilakukan Pasangan Muda

Oleh Agustina Melani pada 07 Mar 2016, 12:16 WIB
Diperbarui 07 Mar 2016, 12:16 WIB
Sebelum Nikah Muda, 3 Strategi Finansial Ini Harus Kamu Kuasai
Perbesar
Cinta mungkin akan mempererat hubunganmu dengan pasangan. Tapi tanpa strategi keuangan, kebutuhan keluarga kecilmu tak akan terpenuhi.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan muda seringkali menghadapi masalah keuangan. Penyebab utamanya adalah kurangnya perencanaan finansial yang dipikirkan dengan matang, bahkan tidak ada sama sekali.

Tidak dapat dipungkiri beberapa kesalahan tersebut masih dianggap sepele. Walaupun sebenarnya bisa berakibat fatal pada keuangan maupun hubungan cinta mereka.

Sebagai pelajaran bagi Anda yang tergolong pasangan baru, ketahuilah kesalahan-kesalahan tersebut agar Anda dan pasangan tidak jatuh di lubang yang sama seperti dikutip dari www.cekaja.com, Senin (7/3/2016).

1. Tidak Transparan

Kesalahan yang sering terjadi di antara pasangan muda adalah tidak adanya transparansi dalam mengelola keuangan. Terutama, apabila berbicara tentang penghasilan pasangan.

Tidak jarang beberapa orang memilih berbohong pada pasangannya. Padahal, hal ini sangat rentan memicu konflik rumah tangga.

Untuk itu, sebaiknya lakukan perencanaan keuangan secara transparan tanpa harus menyembunyikan sesuatu. (Baca juga: Pasangan Muda, Ini Keuntungannya Jika Kalian Melewatkan Akhir Pekan dengan Masak Bersama)

2. Terlalu Banyak Konsumsi

Pasangan muda memang sering sekali terlena dan terlarut menjalankan kehidupan sehari-hari yang konsumtif. 

Mulai dari pergi ke mal, makan di restoran yang tanpa disadari memberatkan keuangan rumah tangga lantaran biaya konsumsi membengkak.

3. Belum Peduli Investasi

Kesalahan keuangan lain yang sering dilakukan pasangan muda adalah menganggap investasi belum diperlukan karena umur masih muda. Uang pun dipakai untuk bersenang-senang.

Hal ini merupakan kesalahan fatal, karena berinvestasi justru harus dimulai sedini mungkin agar kondisi keuangan lebih sehat ke depannya.

Jangan sampai pada saat Anda dan pasangan pensiun, uang tabungan yang dimiliki bersama tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. (Baca juga: Empat Tips Irit Atur Belanja Bulanan Untuk Ibu Muda). (Ahm/Ndw)