Sukses

3 Biaya yang Sering Dilupakan oleh Para Turis

Tanpa sadar ada sejumlah biaya yang akhirnya dapat membuat Anda keluar biaya lebih besar saat liburan.

Liputan6.com, Jakarta - Liburan bersama keluarga, pasangan, bahkan teman-teman menjadi agenda yang wajib ada, paling tidak dua kali setiap tahun.

Selain untuk me-refresh kembali pikiran yang telah letih karena terus bekerja, liburan atau traveling juga sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas Anda di kemudian hari.

Nah, apabila Anda ingin berlibur maka Anda harus menyiapkan beberapa hal penting, terutama masalah uang.

Ya, Anda harus mempersiapkan uang untuk hal-hal seperti tiket pesawat, kereta, bus, atau transportasi lainnya untuk mencapai tempat tujuan dan kembali pulang ke daerah asal. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan uang untuk biaya menginap Anda selama berlibur, dan lainnya.

Namun, tanpa disadari sebenarnya ada beberapa biaya yang sering lupa dimasukkan ke dalam rencana keuangan liburan.

Tanpa sadar, biaya itu juga akhirnya membuat Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak daripada sebelumnya. Apa saja sih biaya yang dimaksud? Berikut daftarnya seperti dikutip dari www.cekaja.com, Jumat (4/3/2016).

1. Uang Tip

Bagi Anda yang bepergian dan menginap di hotel atau menggunakan jasa tour guide dan sebagainya, sebaiknya Anda menyisihkan uang lebih untuk liburan Anda untuk uang tip.

Tidak perlu terlalu besar jumlahnya, Anda cukup menyediakan misalnya sebesar Rp 100 ribu - 200 ribu yang terdiri dari uang 10 ribuan dan 20 ribuan.

Jangan sampai Anda tidak memberikan uang kepada pegawai hotel yang membersihkan kamar Anda hanya karena Anda tidak memiliki uang kecil.

(Baca juga: Tips Liburan Akhir Tahun ke Luar Negeri Tanpa Kuras Kantong)

2. Recehan untuk Pengamen

Bagi Anda para backpacker yang liburan dengan budget minim, pastinya Anda mengincar kuliner di pinggiran jalan yang memiliki harga murah dengan rasa yang meriah.

Di tempat-tempat tersebut biasanya akan ada banyak pengamen yang akan menghibur waktu Anda selama menyantap makanan. Untuk itu sediakan uang receh agar Anda bisa memberi lebih banyak pengamen.

Dibandingkan Anda memberi uang Rp 5 ribu atau Rp 10 ribu kepada seorang pengamen, lebih baik Anda memberikan uang Rp 1.000 kepada 10 pengamen bukan?

3. Oleh-oleh Tambahan

Kalau yang satu ini sih sebenarnya pintar-pintarnya Anda saja saat berada di tempat belanja buah tangan atau oleh-oleh untuk orang-orang terdekat.

Akan tetapi, sering sekali saat Anda membeli oleh-oleh Anda mengeluarkan uang lebih banyak dibandingkan dengan perkiraan Anda yang sebelumnya. 

Untuk itu, mulai sekarang sisihkan uang lebih yang bisa Anda pakai saat ingin membeli oleh-oleh tambahan. (Baca juga: 5 Hal yang Bikin Anda Jatuh Miskin Setelah Pulang Liburan)   (Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini