Sukses

Pemerintah Bangun Jalan Akses Truk ke Pelabuhan di Palembang

Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat akan membangun jalan khusus angkutan dari Palembang ke Pelabuhan ‎Tanjung Apiapi

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat akan membangun jalan khusus angkutan dari Palembang ke Pelabuhan ‎Tanjung Apiapi. Jalan sepanjang 70 Kilo meter (km) itu untuk memudahkan akses logistik di wilayah tersebut.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Hediyanto Husaini,‎ ‎mengatakan,‎ pembangunan jalan tersebut saat ini baru akan dilelangkan untuk mencari kontraktor. Rencananya, pe,enang lelang akan diumumkan tahun ini.

"Ini baru desainnya baru kita mau lelangkan juga, tahapannya masih pengadaan investor, kita usahakan tahun ini sudah ada kepastian banyak option-nya mau bangun di mana," kata Hediyanto, seperti yang dikutip di Jakarta, Jumat (4/3/2016).

 

Hediyanto mengungkapkan, ‎jalan tersebut akan didedikasikan untuk angkutan pelabuhan. Sehingga mempermudah akses pengangkatan barang dari Palembang ke pelabuhan.

‎‎"Kita akan melanjutkan dari Palemba‎ng ke Tanjung Apiapi 70 sekian Kilo meter, yang didedikasikan khusus angkutan pelabuhan jadi truk saja," tuturnya.

‎Jalan tersebut masih dipertimbangkan untuk dijadikan ruas tol atau jalan umum. Menurut Hediyanto, jika pembangunan jalan itu membebankan negara akan dijadikan jalan tol. Namun untuk menjadikan jalan tol, harus ada jalan nasional yang dijadikan alternatif. Sedangkan saat ini instansinya masih masih melakukan kajian.

"Masih kita pikirkan, ‎bila itu membebankan negara itu jalan tol, tapi kalau tol syaratnya ada alternatif, ada alternatifnya tidak, kalau tidak ada satu jalan saya gunakan tol saya menyalahkan Undang-Undang, kalau satu jalan negara dan jalan tol, bukan jalan kampung ya," tutur Hediyanto. (Wic/Zul)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.