Sukses

4 Tips Cantik Tanpa Bikin Dompet Jebol

Urusan perawatan wajah dan tubuh yang berlebihan membuat kesehatan keuangan Anda mudah terkuras habis.

Liputan6.com, Jakarta - Pengalokasian dana pribadi yang sembarangan bisa membuat kondisi keuangan Anda menjadi berantakan. Alhasil, dana untuk kebutuhan sehari-hari menjadi terbengkalai.

Dampak yang lebih parah, yaitu Anda harus menanggung utang-utang konsumtif. Salah satu alokasi dana yang seringkali dilakukan secara berlebihan, yaitu dana kecantikan. Urusan perawatan wajah dan tubuh yang berlebihan membuat kesehatan keuangan Anda mudah terkuras habis.

Sebenarnya tidak ada masalah dengan hal ini. Apalagi bagi Anda yang bekerja di bagian front office. Penampilan yang sempurna merupakan salah satu prasyarat dari tugas rutin Anda. Jadi, kebutuhan untuk merawat diri sudah menjadi suatu hal yang wajar.

Di sini, perihal perawatan tubuh menjadi masalah ketika Anda tidak merencanakan atau bahkan mengalokasikan terlebih dahulu terkait anggarannya.

Bila Anda tidak merencanakan atau menganggarkan pos khusus untuk perawatan, maka bisa dipastikan pos keuangan Anda yang lain akan terganggu. Sehingga, selanjutnya keuangan bulanan akan membengkak dan bisa-bisa jadi minus.

Inilah kondisi yang harus bisa Anda hindari. Ketika kebutuhan tidak masuk ke dalam salah satu pos pengeluaran bulanan, maka kondisi keuangan Anda akan terganggu. Bahkan, masalah keuangan ini akan merembet ke mana-mana.

Sebelum Anda mengalami mimpi buruk seperti itu, ada baiknya untuk menyimak sedikit tips mengenai tata cara pengelolaan uang khusus untuk perawatan Anda terutama para wanita seperti dikutip dari Cermati.com, Rabu (2/3/2016):

1. Buat Perencanaan

Lagi-lagi mengenai perencanaan. Ya, itu karena dia berhubungan dengan angka, maka sebaiknya Anda menghitung benar pengeluaran. Mulai dari sesuatu yang simpel dan terkadang sering Anda lalaikan.

Misalnya, berapa biaya ke salon dalam sebulan, berapa anggaran membeli pakaian, berapa kali makan di luar, dan sebagainya. Catat secara teliti, jangan sampai ada pos-pos tertentu yang terlupa. Hitung beberapa hal tadi.

Apabila sudah mencatatnya, maka Anda bisa tahu berapa besaran dana yang dibutuhkan. Apabila ingin melakukan perawatan atau keperluan lain yang tidak ada dalam daftar catatan tersebut, maka Anda bisa melakukan di bulan berikutnya.

2. Jadi Member

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan bila menjadi member. Karena sifatnya rutin, perawatan tubuh atau wajah merupakan aktivitas yang bersifat konsisten. Anda pun biasanya hanya memilih satu tempat saja.

Tidak ada salahnya bila Anda mendaftarkan diri sebagai member di tempat tersebut. Kemungkinan, Anda akan mendapatkan banyak kemudahan. Salah satunya yaitu, potongan harga dan berbagai keuntungan lain.

Selain itu, Anda pun bisa menikmati paket perawatan. Promo yang menarik terkadang juga bisa anda dapatkan kok. Asalkan Anda sudah rutin dan sering berkunjung di sana, meski bukan member, suatu saat Anda pasti akan ditawari beberapa keuntungan tambahan yang tak biasa didapatkan pelanggan biasa.

3. Pastikan Semuanya Terpenuhi

Kembali pada diri sendiri. Tidak ada batasan minimal seberapa besar alokasi untuk mengurus kecantikan Anda. Semuanya tergantung diri Anda sendiri.

Namun, ada sedikit catatan. Alangkah lebih baik bila Anda mendahulukan kondisi tabungan yang cukup dan mampu membayar cicilan tepat waktu terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda bisa mulai memasukkan kebutuhan bagi keperluan pribadi.

Salah satunya, merencanakan dana kecantikan. Meski sebagian orang menganggap keperluan  perawatan kecantikan sebagai sebuah kebutuhan tambahan, namun bila Anda bekerja pada bagian front office atau bagian lain yang menuntut untuk bertemu dengan klien atau pelanggan, maka Anda wajib membuat pos kecantikan di dalam rencana pengeluaran.

4. Cek Rincian

Sebenarnya, tanpa diberitahu pun Anda akan selalu melakukan hal ini. Namun, sekedar mengingatkan saja agar Anda tidak lalai dengan pengeluaran. Kalau terus-terusan tidak sadar, hasilnya bisa bahaya. Anda baru menyadari kerugian setelah melihat isi tabungan sudah terkuras habis.

Lebih Baik Anggarkan Sejak Awal

Apa yang disebutkan di atas merupakan beberapa cara agar pengeluaran Anda tidak membengkak akibat masalah perawatan. Berikan saja jatah dan kecantikan sebesar 5 pesen dari biaya bulanan per masing-masing pasangan. Oleh sebab itu, lebih mudah lagi bila Anda mencatat setiap pengeluaran.

Kemudian evaluasi kembali pengeluaran tersebut. Pastikan tidak ada anggaran yang melenceng dari besaran yang sudah ditentukan. (Ndw/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini