Sukses

Ingin Penghasilan Tinggi? Yuk Cermat Pilih Jurusan Kuliah

Ada sejumlah jurusan kuliah yang dapat membuat Anda pada profesi dengna penghasilan rendah.

Liputan6.com, Jakarta - Menimba ilmu pengetahuan di perguruan tinggi sering kali membutuhkan biaya sangat tinggi. Karena itu, Anda harus memilih jurusan kuliah yang tepat agar pekerjaan yang diperoleh dapat membayar seluruh biaya kuliah.

Bagi Anda yang ingin memiliki penghasilan besar di masa mendatang maka perlu jurusan kuliah yang pekerjaannya dibutuhkan masyarakat.

Namun kadang jurusan kuliah yang Anda inginkan tak selamanya dapat memberi penghasilan tinggi dari pekerjaan yang dijalani.

Sebaliknya ada juga beberapa jurusan kuliah yang dapat membuat Anda pada profesi dengan penghasilan rendah dan membuat miskin.

Perhitungan menjadi miskin didasarkan pada akumulasi gaji rendah per tahun dari kemungkinan profesi yang diambil sesuai jurusan kuliah.

Ingin tahu jurusan kuliah yang dapat membuat Anda memperoleh pekerjaan berpenghasilan rendah dan membuat Anda miskin seperti dikutip dari The Richest, Jumat (19/2/2016).

1. Konseling dan Psikologi

Jurusan kuliah yang memungkinkan Anda memperoleh pekerjaan berpenghasilan rendah adalah konseling dan psikologi. Tak hanya lulusan dari jurusan ini memperoleh gaji rendah, tapi banyak juga yang akhirnya hanya menjadi pengganguran.

2. Pendidikan Guru TK

Kesukaan bekerja dengan anak-anak biasanya muncul sejak usia Anda masih muda. Banyak yang akhirnya mengambil jurusan PGTK agar dapat menjadi guru.

Namun gaji guru ternyata sangat rendah sekarang. Bahkan banyak orang anggap gaji guru TK tak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama sebulan.
Padahal beban kerjanya cukup berat karena harus membekali banyak anak kecil dengan pelajaran moral berharga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Drama dan Teater

Para siswa di jurusan kuliah ini mengambil jurusan untuk menjadi aktor atau aktris. Sementara saat kuliah, Anda justru akan belajar mengenal karya teatrikal.

Walau terdengar mudah, tapi ternyata jurusan itu menguras banyak dan waktu para mahasiswa. Setiap ada pertunjukan, para siswa tampak kekurangan waktu bebas.

4. Pendidikan guru luar biasa

Bagi orang-orang yang mengambil jurusan komunikasi atau pendidikan bagi siswa luar biasa, Anda tentu harus memiliki memiliki kemampuan istimewa.

Banyak orang mengatakan, lulusan dari jurusan tersebut dapat melakukan hal yang sangat mulia. Sayangnya, banyak profesional di bidang ini yang belum mendapatkan gaji sepadan.

5. Seni rupa

Meski dapat menjelajahi dunia dengan kreativitas yang dimiliki, dan pekerjaan yang sangat fleksibel ternyata belum dapat mensejahterakan. Para mahasiswa yang lulus dari jurusan ini sering kali bergaji rendah. (Sis/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini