Sukses

Kemnaker Bantah Ada 10 Ribu Pekerja Bakal Terkena PHK

Prediksi PHK ini sebelumnya disampaikan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) membantah akan terjadi langkah pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sekitar 10 ribu orang pada periode Januari-Maret 2016.

Prediksi ini sebelumnya disampaikan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal.

Direktur Pencegahan dan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industri (P3HI) Kemnaker Sahat Sinurat mengaku, hingga saat ini belum menerima laporan secara resmi dari sejumlah perusahaan yang selama ini disebut-sebut akan melakukan PHK.

‎"Tidak ada itu (PHK). Mereka belum melakukan itu. Belum ada laporan ke kita soal itu," ujarnya di Jakarta, Sabtu (6/2/2016).

Dia mencontohkan, Chevron yang selama ini gencar dikabarkan akan melakukan PHK, sejauh ini masih melakukan perundingan dengan pekerjanya.

Namun dia mengakui memang ada tawaran bagi pekerja di perusahaan minyak dan gas (migas) tersebut ‎untuk mundur secara sukarela.

‎"Chevron juga belum. Tapi dengan SKK Migas sudah setuju dengan adanya skema pengunduran diri secara sukarela. Tapi itu belum ketahuan berapa jumlahnya," kata dia.

Untuk memastikan kabar soal PHK tersebut, Sahat berkomunikasi dengan perusahaan terkait. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai adanya PHK tersebut.

"Kita klariifkasi semuanya, dan itu tidak ada. Malah ada yang contoh katanya di perbankan itu berita lama semua, ada yang sudah dari 2014. Sampai sekarang juga kita cross check apa yang dimuat di media sosial, berita," tandas dia. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Buruh adalah sebutan lain dari seorang yang bekerja untuk orang lain.

    Buruh

  • PHK adalah Pemutusan Hubungan Kerja, itu berarti seorang karyawan sudah diputuskan hubungan kerja dari perusahaan.

    PHK

Video Terkini