Sukses

SDM Berpendidikan Tinggi Dorong Daya Saing RI

LPDP mendorong masyarakat meningkatkan jenjang pendidikan sehingga meningkatkan daya saing.

Liputan6.com, Jakarta - Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) ‎dapat meningkatkan daya saing sebuah negara. Kualitas tersebut salah satunya berasal dari tingginya jenjang pendidikan.

Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Eko Prasetyo, sebagai lembaga yang memfasilitasi dana pendidikan, LPDP mendorong masyarakat meningkatkan jenjang pendidikannya. Lantaran jenjang pendidikan ‎yang tinggi dapat meningkatkan kekuatan daya saing.

"Ke depan Indonesia masih membutuhkan banyak doktor, untuk peningkatan daya saing bangsa untuk lebih baik,"‎ kata Eko, dalam acara welcoming alumni 2016 dengan tema Indonesia Leadership Forum di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu (31/1/2016).

Eko menambahkan, setiap tahunnya LPDP menghasilkan alumni yang mengenyam pendidikan di berbagai perguruan tinggi‎ di luar dan dalam negeri. Saat ini total alumni mencapai 434 terdiri atas 380 lulusan privat sektor sedangkan sisanya 86 orang public sektor. Dari 434 orang tersebut, satu orang telah menyelesaikan program doktoral. Sisanya program master.

"Dari total almuni 363 alumni kampus luar negeri. 71 berasl dari dalam negeri. Kampus dari luar negeri, dari Inggris 228 orang. Kemudian Amerika Serikat 20 orang, Australia 31 orang, dan Belanda 47 orang," ujar dia.
‎

Eko menuturkan, alumni tersebut akan mengabdikan diri ke negara, dalam menggerakan dan mendorong pembangunan bangsa ke depannya. Hal tersebut sesuai dengan manajemen yang digagas LPDP.

"Dalam model manajemen LPDP potensi alumni ini menjadi aset menggerakkan dan mempercepat pembangunan Indonesia basis SDM yang unggul," ujar Eko. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini