Sukses

Peruri Gandeng 10 BUMN Karya untuk Manfaatkan Lahan

Sinergi BUMN tersebut untuk mengoptimalkan lahan strategis Peruri.

Liputan6.com, Karawang - Perusahaan Umum (Perum) Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) bersama 17 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain melakukan penandatanganan nota kesepahaman Sinergi BUMN. Salah satu tujuan dari sinergi ini yaitu untuk mengoptimalkan lahan strategis Peruri.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Usaha Peruri Atje Muhammad Darjan‎ mengatakan, dalam rangka optimalisasi lahan strategis ini, Peruri menggandeng 10 BUMN karya antara lain Adhi Karya, Amarta Karya, Brantas Abipraya, Hutama Karya, Istaka Karya, Pembangunan Perumahan, Nindya Karya, Perum Perumnas, Waskita Karya, dan Wijaya Karya‎.

Namun Atje belum bisa menjelaskan lebih detail soal kerja sama dengan BUMN karya ini karena masih akan dilakukan pembahasan lanjutan dengan masing-masing BUMN karya tersebut.

"Tadi ada kerja sama dengan BUMN karya. Prinsipnya kita punya aset yang cukup banyak, kita punya lokasi di Karawang, Palatehan, Gadog, Lebak Bulus‎. Mau diapakan aset-aset kita kerja sama dengan BUMN untuk bisa saling bisa memanfaatkan kompetensi," ujar Atje di Karawang, Jawa Barat, Kamis (28/1/2016).

Selain dengan BUMN karya, Peruri juga bekerja sama dengan perusahaan plat merah lain seperti dengan Telkom untuk bisnis digital dan mitra kerja swasta untuk peningkatan kepemilikan saham perusahaan afiliasi PT Sicpa Peruri Securink‎ (SPS).

Serta kerja sama Peruri dengan PT Solusi Paramitra untuk penjajakan kerja sama pengembangan sistem informasi dan teknologi jaringan.

"Dengan Bio Farma mudah-mudahan ada yang bisa diimplementasikan seperti produk-produk farmasi butuh labeling security, chasing security. kita siapkan teknologinya‎‎," kata dia.‎

Selain penandatangan nota kesepahaman, Sinergi BUMN ini juga ditandai dengan pemberian beberapa bantuan kepada masyarakat sekitar Perum Peruri, antara lain pertama, pengadaan Rumah Baca Peruri dengan dukungan Balau Pustaka.

Kedua, perpustakaan digital di PAUD Mawar VII Desa Sirnabaya Kecamatan Teluk Jambe Timur Kabupaten Karawang dengan Perusahaan Film Negara (PFN) dan Telkom.

Ketiga, pemberian bantuan kepada masyarakat sekitar kawasan produksi Peruri yang bekerja sama dengan Jamkrindo.

Keempat, pemberian bantuan pupuk kepada petani yang bekerja sama dengan Pupuk Kujang. Kelima, pengucuran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bekerja sama dengan Bank Mandiri. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini