Jusuf Kalla: Dunia Memasuki Revolusi Industri ke-4

Oleh Silvanus Alvin pada 25 Jan 2016, 13:06 WIB
Diperbarui 25 Jan 2016, 13:06 WIB
Doa Jusuf Kalla untuk Pemenang Piala Jendral Sudirman 2015
Perbesar
Ternyata Wakil Presiden Jusuf Kalla juga ikut memantau jalannya pertandingan piala Jendral Sudirman lho.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla melihat saat ini terjadi fenomena baru di dunia. Menurut dia, dalam waktu dekat akan terjadi revolusi industri yang keempat. Perkembangan industri robot dan drone akan menjadi fenomena besar.

"Sebentar lagi akan terjadi revolusi industri keempat. Revolusi yang pertama seperti kita tahu itu mesin uap, kemudian industri motor, lalu IT, dan sekarang akan bergeser ke robot atau drone," kata JK, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (25/1/2016).

JK optimistis Indonesia mampu beradaptasi dan mengikuti pola yang baru ketika memasuki industri robotik. Meski demikian, ia menegaskan pentingnya menguasai dua industri yang sebelumnya.

"Robot-robot yang akan melandasi kemajuan suatu negara. Makin maju tempat lain, kita juga harus maju. Tapi kita juga harus kuatkan revolusi ke-2 dan 3. Kita juga harus perkuat kemampuan IT. Artinya balik lagi ke ilmu pengetahuan," ucap JK.

Untuk menyambut revolusi industri itu, pemerintah menyiapkan langkah. Sejumlah rencana telah disiapkan. Salah satunya adalah menyiapkan dana Rp 220 triliun untuk beasiswa sekitar 2 ribu warga negara Indonesia.

Mantan Ketua Umum Golkar ini menyampaikan mahasiswa perlu menambah terus lmu pengetahuan dan teknologi. Hal itu pula yang dapat menopang mereka dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

"Tugas kita semua mempersiakan diri dalam ilmu, teknologi, dan pengetahuan lainnya untuk menjalankan pemerintahan ke depan. Semakin maju negara lain, kita harus perkuat fondasi kita. Memperkuat industri, informasi teknologi," JK menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya