Sukses

Pemerintah Bagikan 5 Ribu Paket Elpiji untuk Kapal Nelayan

5 ribu paket converter kit dan elpiji untuk mengubah bahan bakar kapal nelayan pada 2016.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membagikan 5 ribu paket converter kit dan elpiji untuk mengubah bahan bakar kapal nelayan pada 2016. Ini merupakan program pemerintah dalam hal konversi minyak ke gas.

Direktur Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, untuk melakukan pengadaan  5 ribu paket perdana tersebut, pemerintah menganggarkan Rp 90 miliar.

"Anggarannya Rp 90 miliar lebih. Totalnya 5.000 paket," kata Wirat, seperti yang dikutip di Jakarta, Jumat (1/1/2016).

Wirat menambahkan, paket perdana menjalankan program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) tersebut akan dibagikan ke wilayah  perkampungan nelayan. Namun, ia belum bisa menyebutkan detailnya.

"Akan dibagikan pada kantung nelayan di berbagai daerah. Untuk wilayahnya belum pasti," tutur Wirat.

Menurut Wirat, pembagian paket perdana tersebut sesuai telah memiliki payung hukum, yaitu Peraturan Presiden Nomor 125 tahun 2015. Untuk tahun lalu Kementerian ESDM tidak membagikan paket tersebut karena terbitnya Perpres berdekatan dengan akhir tahun.

"Enggak cukup waktu untuk lelang, karena terbitnya akhir November 2015. Kita lelang 30 hari enggak cukup," tutup Wirat.

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 125 tahun 2015 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Penetapan Harga Bahan Bakar Gas (BBG) untuk Transportasi Jalan. Aturan ini untuk mempercepat program konversi BBM ke BBG. (Pew/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini