Sukses

3 Tips Menyiapkan Anggaran Anak

Banyak pasangan suami istri yang baru di karuniai anak salah dalam mengatur keuangan mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pasangan suami istri yang baru dikaruniai anak salah dalam mengatur keuangan mereka. Padahal, jika baru memiliki anak, Anda harus berpikir bagaimana hal itu akan berdampak pada pengaturan anggaran keuangan keluarga.

Maklum, saat membesarkan anak memang banyak biaya yang harus dikeluarkan. Agar tidak salah langkah, melansir cheatseet.com, Minggu (3/01/2016), berikut tips bagaimana menyusun anggaran saat sudah memiliki momongan.

1. Membuat rincian anggaran

Pastikan untuk membuat rincian anggaran untuk kebutuhan anak Anda. Dalam berbelanja, jangan terlalu banyak membeli barang untuk anak, pastikan hal yang dibeli sesuai dengan kebutuhan anak. Anda juga harus memikirkan pengeluaran untuk hal-hal yang kecil seperti popok dan lain-lain.

2. Barang baru

Anda juga jangan mudah tergoda untuk membeli barang-barang bayi mahal, seperti kereta dorong, tas dengan desain lucu.

Sebaiknya Anda meminta keluarga dan teman-teman yang pernah memiliki anak untuk memberikan barang-barang tersebut. Kalaupun harus membelinya, pastikan Anda dapat melihat di situs belanja online yang memberikan potongan tambahan.

3. Menabung

Mulai menabung untuk biaya masa depan anak Anda. Siapkan dari sekarang biaya jangka panjang seperti dana pendidikan.

Selain itu biaya jangka pendek anak Anda seperti susu bayi dan keadaan medis darurat. Salah satu cara yang bagus dengan menabung untuk biaya kuliah dan masa depan lainnya.(Apr/Nrm)


**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.