Sukses

Ini Dia Lotre dengan Hadiah Terbesar di Dunia

Setiap tahunnya, warga Spanyol rela mengantre untuk membeli tiket lotre dengan total hadiah mencapai Rp 33,2 triliun.

Liputan6.com, Barcelona - Penyelenggaraan lotre terbesar diadakan di Spanyol hari Selasa dengan total hadiah mencapai US$ 2,43 miliar atau setara dengan Rp 33,2 triliun.

Dikenal dengan nama El Gordo atau "Si Gendut", kontes ini menawarkan hadiah terbesar dalam lotre yang diadakan setiap tahun ketika Natal tiba. Hampir lebih dari tiga perempat penduduk spanyol berpartisipasi di acara yang sudah diselenggarakan lebih dari 200 tahun ini.

Dilansir dari laman CNBC, Selasa (29/12/2015) Tiket lotre dijual di pantai selatan kota Roquetas de Mar, The Associated Press melaporkan pada Selasa pagi.

Setiap tahunnya, warga Spanyol rela berjam-jam mengantre untuk membeli tiket El Gordo demi memenangkan hadiah jackpot senilai US$ 2,4 miliar. Namun, ternyata undian ini dirancang untuk dapat memberikan orang bonus natal sebanyak mungkin.

Nantinya, kontes lotre ini tidak hanya mampu dimenangkan satu orang, melainkan sekelompok orang yang beruntung nomor undiannya terpilih.

"Hadiah terbesar dari El Gordo Spanyol biasanya bernilai total sebesar 3 juta euro. Tapi yang membuat lotere Spanyol ini menjadi terkenal adalah banyaknya nomor pemenang yang mampu menang " menurut website dari agen travel Barcelona Yellow.

“El Gordo lotere bersedia membayar hadiah undian lebih banyak ketimbang undian lain di dunia. Hal inilah yang membuat lotre Natal di spanyol ini menjadi kontes terbesar di dunia. Hampir semua orang di Spanyol membeli lebih dari satu tiket untuk El Gordo Spanyol dengan biaya rata-rata 70 euro per orang," tambah website itu.

Siapa pemenangnya?

Baru-baru ini, kontes lotre tersebut baru mengumumkan pemenangnya. Lotre berhadiah total uang sebesar US$ 2,4 miliar ini dimenangkan oleh 195 orang yang pemilik kupon bernomor 54600.

Kumpulan kupon itu ternyata berasal dari Kota Sort. Kupon lotre El Gordo tersebut dikoordinir oleh agen judi The Golden Witch, satu-satunya penyalur kupon di Kota Sort.

Undian berlangsung di Royal Opera House Madrid. Menurut situs lotre Inggris, Lottoland, peserta diijinkan untuk bertaruh pada hasil undian El Gordo dengan kemungkinan menang 1 banding 6.

(Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini