Sukses

Pertamina Jamin Stok BBM di Kalimantan Aman

Konsumsi BBM dan elpiji di Kalimantan biasanya meningkat jelang akhir tahun.

Liputan6.com, Balikpapan - PT Pertamina Unit Pemasaran (UP) VI Balikpapan menjamin tersedianya pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji di Kalimantan pada penghujung akhir tahun 2015.  Biasanya, konsumsi BBM dan elpiji di Kalimantan selalu meningkat jelang akhir tahun.

“Kami menjamin kelancaran pasokan BBM dan elpiji akhir tahun 2015 ini,” kata Pjs Humas Pertamina Balikpapan, Andar Titi Lestari, Senin (28/12/2015).

Andar mengatakan ketahanan BBM nasional saat ini rata rata berada di level 20 hari. Rincian stoknya yakni premium 17 hari, solar 23 hari, dan avtur 32 hari. Rata rata konsumsi warga Kalimantan yakni premium 5.960 kiloliter (kl) dan solar 2.323 kl.


“Berdasarkan pengalaman 5 tahun sebelumnya, konsumsi avtur  diperkirakan  naik 10 persen mencapai 667 kl," tutur dia.

Peningkatan terjadi karena adanya tambahan penerbangan dari dan ke bandara-bandara di Kalimantan. Sementara itu, Konsumsi elpiji masyarakat hingga 8 Januari 2016 diperkirakan 12 persen di atas rata-rata pasokan harian normal menjadi 1.205 metrik ton per hari.

Untuk ketahanan pasokan elpiji, Pertamina   juga   menunjuk   agen   dan   pangkalan   siaga   dan   memaksimalkan   SPBU  dan modern outlet  sebagai etalasi dan stabilisator harga elpiji 3 kg dan 12 kg, serta penyediaan produk Bright gas yang sudah dikenal luas oleh masyarakat di Kalimantan.

Pertamina juga telah pembentukan tim satuan tugas (satgas)  yang bertugas memastikan distribusi kehandalan stok BBM dan elpiji seluruh Kalimantan selama 24 jam. (Abelda/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.