Sukses

4 Tips Pintar Atur Anggaran Bulanan

Kita sulit menyimpan uang cukup sebagai bekal di hari tua dengan pengeluaran yang ada.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak hal yang membuat kita mengeluarkan banyak uang sesaat setelah menerima penghasilan di akhir bulan.

Mulai dari membayar asuransi, jaminan sosial, anggaran pendidikan hingga kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut membuat kita sulit menyimpan uang cukup sebagai bekal di hari tua.

Namun jika kita pintar mengatur anggaran dari gaji yang kita terima tiap bulan, pastinya hal itu tidak perlu kita khawatirkan.

Melansir laman Payscale.com, Sabtu (26/12/2015), berikut tips agar kita pintar mengatur keuangan:

1. Rencana menabung otomatis

Buatlah tabungan rencana otomatis, cari bank yang Anda percayai dan memberikan bunga lebih tiap bulan. Anda juga jangan sering-sering mengecek tabungan, agar lebih semangat menabung.

2. Membuat anggaran

Anda harus tahu, uang gaji terpakai untuk membayar apa saja. Anda juga harus mempunyai batasan anggaran belanja, karena harus menunggu satu bulan untuk memiliki uang kembali.

3. Rencana membeli

Jika Anda mempunyai rencana untuk membeli rumah, mobil atau motor di kemudian hari. Anda harus menabung dari sekarang, sisihkan sedikit uang dan akan mendapatkan hasil yang mengejutkan setelah menabung.

4. Berusaha tambah penghasilan

Cobalah untuk mempunyai tujuan pada karir Anda. Sehingga dapat mempunyai patokan gaji yang dapat diterima. (Apr/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.