Sukses

BI: 500 Objek Wisata di Banten Berpotensi Dongkrak Ekonomi Daerah

Potensi terbuka terutama pada momen libur panjang seperti saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dinilai bisa memanfaatkan hampir 500 objek wisata yang berada di wilayahnya untuk membangun perekonomian masyarakat agar lebih baik.

Potensi memperbaiki perekonomian terutama terbuka pada momen libur panjang seperti saat ini. Sebab banyak masyarakat dari berbagai kota yang mencari tempat berlibur bersama keluarga dan Banten bisa menjadi salah satu pilihan.

"Mayoritas berlokasi di Kabupaten Pandeglang dan beberapa lainnya berada di Lebak dan Serang," kata kepala BI Banten Budiharto Setyawan di Serang, seperti dikutip Sabtu (26/12/2015).

Dari 500 lokasi wisata tersebut, sebanyak 185 merupakan wisata sejarah, 85 objek wisata pantai, dan 18 kawasan pengembangan wisata.

Kenyataannya BI Banten mencatat hanya 8 lokasi wisata yang sudah berkembang. Seperti objek wisata  Pantai Carita di Pandeglang, Budaya Suku Baduy di Kabupaten Lebak, Pantai Sawarna di Kabupaten Lebak, hingga Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang.

"Kawasan pengembangan wisata yang bertumbuh dengan baik ialah wisata religi Banten Lama di Kota Serang, Pantai Anyer di Kabupaten Serang, Taman Nasional Ujung Kulon di Kabupaten Pandeglang, dan Pantai Sumur, Pulau Umang di Kabupaten Pandeglang," tegasnya. (Yandhi/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.