Sukses

5 Nasihat Sukses Berbisnis di Usia Muda

Pada tahun 2010 terdapat 25 persen dari anak muda diseluruh dunia mempunyai jiwa entrepreneur.

Liputan6.com, Jakarta - Anak muda kini kian minat memulai bisnis. Menurut survei yang digelar Kauffman Foundation, keputusan untuk memulai bisnis akan meningkat pada orang berusia 18 sampai 21 tahun.

Bahkan, tercatat pada tahun 2010, sebesar 25 persen dari jumlah anak muda di seluruh dunia berlomba-lomba menjadi pengusaha (entrepreneur). Mereka mulai menciptakan peluang untuk menjadi pengusaha.

Seperti dilansir dari Lifehack.org, The Global Entrepreneurship melacak tahap awal kegiatan berwirausaha dimulai dengan mengikuti tender atau berjualan.

Tapi apakah langkah para pengusaha muda ini sudah benar?. Mengingat mereka belum memiliki banyak pengalaman untuk berbisnis.

Berikut lima hal untuk bisa sukses menjadi wirausahawan atau pengusaha di dunia, Jumat (11/12/2015) :

1. Memanfaatkan peluang

Saat menjadi mahasiswa, Anda mungkin masih kesulitan untuk menemukan jenis bisnis yang cocok dan berguna. Kenyataannya, banyak fakta menyebutkan, melalui pendidikan justru Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berinvestasi atau berwirausaha. Syaratnya, Anda harus fokus pada kebutuhan dan mencari solusi atas satu masalah menjadi peluang usaha.

2. Pakai inisiatif dan kerja keras

Dengan bekerja keras Anda akan menjadi sukses. Seorang pengusaha memang perlu melihat peluang dan kemudian mengambil kesempatan untuk mengisi kebutuhan itu. Anda harus memiliki inisiatif untuk melakukan usaha.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal Lain

3. Memanfaatkan orang yang membantu

Tidak ada usaha yang berhasil tanpa bantuan orang lain. Namun, Anda harus memilih orang yang tepat. Pengusaha sukses harus tahu cara memanfaatkan kekuatan orang lain untuk membangun kredibilitas dan keberhasilan Anda.

4. Bekerja karena hobi

Anda dapat memanfaatkan hobi untuk menjadi bakat alami. Sebab orang sukses tahu apa yang harus mereka lakukan dan menemukan apa yang disukai. Pengusaha sukses pun dapat melakukan apa yang mereka cintai.

5. Beradaptasi

Pengusaha sukses tidak hanya mengambil inisiatif, tetapi juga membuat keputusan yang tepat dan menyesuaikan dengan orang yang tepat. Teruslah beradaptasi, dengan begitu akan meningkatkan dan dapat menempatkan Anda menjadi orang sukses.(Apr/Nrm)

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.