Sukses

BI Bakal Turunkan Suku Bunga pada 2016

Bank sentral Amerika Serikat diperkirakan menaikkan suku bunga sebesar 0,25 persen pada Desember 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur dan Kepala Riset Ekuitas Citi Investment Ferry Wong‎ memperkirakan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Federal Reserve/The Fed menaikkan suku bunganya (Fed fund rate) pada akhir tahun ini dan tahun depan.

Dia menjelaskan, kenaikan suku bunga ini telah ditunggu-tunggu setelah selama hampir 10 tahun bank sentral AS tersebut tidak menaikkan suku bunga acuannya. Pada Desember 2015, The Fed diperkirakan menaikkan tingkat suku bunganya sebesar 0,25 persen.

"The Fed akan menaikkan Fed fund rate pada bulan ini. The Fed tidak pernah menaikkan suku bunganya sejak 2006, jadi sudah hampir 10 tahun. Kami perkirakan suku bunga bank sentral AS akan menaikkan tingkat suku bunga 0,25 persen pada Desember," ujar dia di Jakarta, Senin (7/12/2015).

Selain di akhir tahun ini, Ferry juga memperkirakan, The Fed kembali menaikkan suku bunganya pada tahun depan dan pada 2017. Kenaikan ini dilakukan secara bertahap.

Pada kuartal II dan kuartal IV 2016, The Fed akan menaikkan masing-masing sebesar 0,25 persen sehingga menjadi 1 persen. Sementara pada 2017, The Fed juga diprediksi kembali menaikkan suku bunganya sebesar 0,25 persen sehingga pada tahun tersebut Fed fund rate berada pada posisi 1,25 persen.

Selain itu, Ferry juga memperkirakan Bank Indonesia (BI) melakukan penyesuaian dengan menurunkan tingkat suku bunga acuan pada kuartal II dan kuartal IV 2016 masing-masing sebesar 0,25 persen.

"Pada kuartal II dan kuartal IV tahun depan, untuk BI akan menurunkan masing-masing 25 basis poin. Itu untuk gambaran untuk makro," tandas dia.

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini