Sukses

China Bangun Jalur Sutra, Ini Untungnya buat RI

China berambisi mewujudkan mimpi besarnya untuk membangun jalur sutra modern yang akan menghubungkan Asia dengan Eropa.

Liputan6.com, Jakarta - China berambisi mewujudkan mimpi besarnya untuk membangun jalur sutra modern di Abad ke-21 yang akan menghubungkan Asia dengan Eropa.

Dibukanya jalur ini disebut-sebut bakal menguntungkan Indonesia. Kenapa?

Vice President of the Chinese Overseas Exchange Association, He Yafei menjelaskan, Indonesia merupakan salah satu mitra dagang terbesar China.

Selama ini aktivitas perdagangan antar dua negara ini tergolong cukup tinggi. Banyak produk-produk China di Indonesia, begitu sebaliknya. Sehingga kehadiran jalur ini tentunya akan menguntungkan kedua negara.

"Indonesia sangat penting untuk China, Indonesia dan China sudah melakukan banyak kerjasama. Dalam bidang industri dan lain-lain, jadi saya bisa melihat potensi dalam perekonomian yang akan tumbuh, jika kita bekerjasama," terang dia di Jakarta, Sabtu (5/12/2015).

Tak hanya itu, peluang Indonesia untuk mengekspor produk-produk lokalnya ke negara lain jsemakin terbuka. Mengingat jalur ini juga akan digunakan negara-negara lain yang terhubung baik melalui darat maupun laut.

Yafei menuturkan China berkomitmen untuk terus melanjutkan kerja sama dengan Indonesia di berbagai bidang mulai dari perdagangan, industri hingga infrastruktur. Bagi China, Indonesia adalah mitra strategis untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Negeri Tirai Bambu itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.