Sukses

Ini Ramalan Harga Emas dari Sejumlah Bank Asing

Sejumlah bank besar di dunia menmbuat ramalan pergerakan harga emas di 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Bank besar dunia mengumumkan kisaran harga kasar untuk para investor logam mulia. Jika dilihat pada tahun 2013, harga emas mulia mulai turun, rumah investasi besar ternyata masih mengalami penurunan terhadap emas. Hal tersebut dapat mempengaruhi harga logam mulia dimasa depan, dan dapat membuat para investor menjual dan membelinya.

Seperti yang dilansir dari, profitconfidential.com, Rabu, (18/11/2015) menyatakan, perdagangan harga emas pada lima tahun terakhir ini sangat rendah. Harga logam mulia turun dibawah US$ 1.080 per periode atau Rp 14,8 juta (kurs dollar AS:Rp 13.790) peruntuk pertama kalinya sejak tahun 2010. Dibawah ini adalah empat perkiraan harga emas dari bank besar dunia untuk tahun 2016.

1. Analis jangan selalu lihat harga emas di luar tahun 2016.

Tahun baru akan menajdi tahun yang sulit bagi para investor logam mulia. Pada tahun 2013, di mana harga emas mulai turun, ternyata membuat investasi besar terpengaruh dampak dari penurunan harga emas. Jika para analis selalu melihat tahun 2013, ini bisa berdampak pada harga logam mulia untuk ke depan.

2. Kata bank besar untuk harga emas tahun 2016?

USB Group AG mengatakan, perkiraan harga emas berada disekitar US$ 1,250 per periode atau Rp 17,1 juta per periode (kurs dollar AS: Rp 13.790) di tahun 2016.

Citigroup Inc mengatakan, emas sedikit mengalami penurunan tetapi tidak terlalu mengejutkan. Mereka mengharapkan harga emas untuk 2016 berada di sekitar level US$ 1.110 per periode atau Rp 15,3 juta (kurs dollar AS: Rp 13.790) pada tahun 2015 dan pada kuartal keempat tahun 2016.

Bank of America Corporation mengatakan, logam mulai bisa jatuh diharga US$ 1.000 atau Rp 10 juta (kurs dollar AS: Rp 13.790) mengapa demikian? menurut Bank of America, lanjutan komentar dari hawkish dan the Fed terhadap penurunan inflansi menjadi perhatian bank tersebut. Kombinasi biaya kesempatan nominal yang lebih tinggi dan kurangnya inflansi, yang hampir tidak pernah naik dalam 40 tahun terakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Perkiraan harga emas menurut bank besar dunia.

3. Perkiraan harga emas menurut bank besar dunia.

Jika dilihat dari grafik jangka panjang, terdapat indikator yang menunjukan kepada teknik utama penunjukan rasio. Indikator ini dapat memprediksikan level pergerakan harga turun dan pergerakan harga naik.

Perhatikan bahwa garis di tengah chart (Ketiga dari kedua bagian bawah dan atas, dari tingkat pergerakan harga naik sebesar 50 persen), hal tersebut sebagai level pergerakan harga turun yang kuat untuk harga emas selama beberapa bulan.

4. Pandangan harga emas untuk tahun 2016

Jika melihat dari pasar emas pada tingkatan yang sangat dasar, permintaan logam kuning meningkat. Namun, berbeda dengan sisi penawaran yang diperkirakan akan menurun. Analisis ekonomi dasar mengatakan ini adalah resep yang sempurna untuk harga emas lebih tinggi ke depannya.

 

(APR/Zul)

Reporter : Adinda Purnama Rachmani

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.