Sukses

Calon Ketua Kadin Ini Ingin Produk Nasional Mendunia

Indonesia mempunyai banyak produk nasional yang berpotensi naik kelas.

Liputan6.com, Jakarta - Nasionalis bukan hanya prinsip yang harus mengalir dalam diri para pejuang, tapi juga pengusaha Indonesia. Dengan rasa kecintaan terhadap bangsa ini, pelaku bisnis dapat membawa produk buatan dalam negeri alias Made in Indonesia menjadi kebanggaan dunia.

Wakil Ketua Umum kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Perbankan, Keuangan dan Pasar Modal, Rosan Roeslani berambisi untuk membawa produk lokal mendunia. Salah satunya dengan membangun industri nasional yang kuat dan sehat.

"Kita harus punya kemandirian, punya nasionalisme yang dibangun. Ingin punya produk local champion yang bisa menjadi global citizen," ujar pria yang saat ini sedang mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia  untuk periode 2015-2020, seperti ditulis Minggu (16/11/2015).


Ia menyayangkan, hilangnya merek produk elektronik "National" di pasar global dan diganti dengan satu merek yakni Panasonic pada 2004. Padahal National telah menjadi merek legendaris dan dikenal luas. Transformasi ini diiringi pergantian nama perusahaan menjadi PT Panasonic Gobel Indonesia dari sebelumnya PT National Panasonic Gobel. 

"Kita harus bangkitkan produk nasional kita, jangan seperti Panasonic. Sekarang National-nya hilang, tinggal Panasonic saja. Kebanggaan ini mesti dibangun. Dulu mana pernah beli televisi Korea, tapi sekarang maunya beli Sony, Samsung atau LG. Ini contoh produk local champion yang bisa menjadi global citizen," terang Rosan.

Menurut Presiden Direktur PT Recapital Advisor ini, Indonesia mempunyai banyak produk nasional yang berpotensi naik kelas. Salah satunya dicontohkan, merek Teh Botol.

Kata Rosan, sebuah industri bukanlah yang hanya mempunyai pabrik atau usaha, melainkan tercipta kegiatan bisnis yang dilakukan secara inovatif, cerdas, memberikan manfaat dalam skala ekonomi besar. "Produk itu sudah menjadi local champion, siapa yang tidak suka minum Teh Botol. Tapi kita harus membawanya jadi global citizen," papar Rosan. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.