Sukses

Pengusaha RI Rosan Roeslani Calonkan Diri Jadi Bos Kadin

Rosan Roeslani saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Kadin Bidang Perbankan, Finansial dan Pasar Modal.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa pemilihan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri/Kadin Indonesia diramaikan dengan satu calon yang sudah malang melintang berbisnis di sektor keuangan, Rosan Roeslani.

Konglomerat pemilik klub sepakbola ternama, Inter Milan ini siap bertarung dengan Rachmat Gobel dan Maxi Gunawan dalam memperebutkan kursi nomor satu di organisasi tersebut.

Pemilihan Ketua Umum Kadin Indonesia akan berlangsung dalam Musyawarah Nasional (Munas) yang berlangsung di Bandung pada 22-24 November mendatang.

Rosan saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perbankan, Finansial dan Pasar Modal.

Dalam kesempatan perbincangan dengan wartawan, ia mengaku, pencalonan sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2015-2020 bukan karena kebetulan. Niat ini sudah menjadi panggilan untuk membawa manfaat bagi Kadin dan dunia usaha.

"Saya dilihat teman-teman di daerah mempunyai komunikasi cukup aktif, sehingga mereka mendukung saya menjadi Ketua Umum Kadin. Sebetulnya tidak pernah terpikir untuk maju, karena saya lebih senang berada di belakang layar," kata Rosan di Jakarta, Jumat malam (13/11/2015).

Dirinya menyadari sokongan dari rekan-rekan sesama pengusaha merupakan panggilan untuk memajukan dunia usaha nasional dalam situasi perekonomian saat ini.

Rosan mengatakan telah menjalankan program Palapa Nusantara Berdikari yang fokus pada pembiayaan kepada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di seluruh Propinsi di Indonesia.

"Kami berikan pemahaman mengenai bisnis dan pendanaan dengan plafon Rp 100 juta-Rp 500 juta kepada UKM padat karya, berorientasi ekspor dan mempunyai produk unggulan. Ini program yang saya cetus bersama Erwin Aksa," ujar Rosan yang telah terjun ke bisnis di bidang keuangan selama 20 tahun itu.

Rosan menjelaskan, dalam rangka menjadikan Kadin yang tangguh untuk masa depan Indonesia, setiap perubahan arah dan strategi kebijakan pembangunan ekonomi pemerintah Joko Widodo akan disinergikan dengan program umum Kadin Indonesia ke depan, seperti pembangunan dari pinggiran, poros maritim, dan sisi suplai dari perekonomian Indonesia.

Sementara Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UKM dan Koperasi, Erwin Aksa menilai peran Kadin dalam situasi ekonomi saat ini sangat memerlukan sosok Rosan sebagai penasihat keuangan terbaik.

"Berkat keahliannya tidak sedikit perusahaan selamat melewati krisis dan sangat piawai membawa investor asing menanamkan modal di Tanah Air," pungkas Erwin.

Siapakah sosok Rosan Roeslani?

Pria bernama lengkap Rosan Perkasa Roeslani merupakan pendiri dan Presiden Direktur PT Recapital Advisors, perusahaan penasihat keuangan. Bisnis ini dirintis bersama dua rekannya, Sandiaga Uno dan Elvin Ramli.

Ia pernah menduduki kursi Presiden Direktur PT Berau Coal Energy Tbk. Namanya kian bersinar karena Pria kelahiran Jakarta, 31 Desember 1968 itu merupakan satu dari tiga konglomerat Indonesia yang membeli klub sepakbola ternama Internazionale Milano (Inter Milan) bersama rekannya Erick Tohir‎ dan Handy Soetedjo. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.