Sukses

Menperin Ingin Finlandia Pasok Mesin ke Kawasan Industri

Finlandia dapat masuk ke kawasan industri sebagai pemasok dan berinvestasi dengan menggandeng mitra lokal.

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan industri dan pengembangan infrastruktur di Indonesia memikat pengusaha Finlandia. Negara tersebut ingin meningkatkan investasi dengan memanfaatkan keunggulan teknologi yang dimiliki.

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, negara Skandinavia yang berlokasi di Eropa Utara ini dikenal sebagai negara yang menguasai teknologi permesinan, kelistrikan, industri logam, transportasi, kayu, dan kertas serta kimia.

Dengan keunggulan itu, Saleh ingin Finlandia turut memperkuat pengembangan 14 kawasan industri yang tengah dipacu oleh pemerintah.

"Pusat-pusat industri yang dibangun di kawasan khusus itu membutuhkan teknologi dan mesin-mesin yang dimiliki negara maju, termasuk Finlandia," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (5/11/2015). 

Saleh menuturkan, teknologi dan mesin industri menunjang produktivitas sekaligus efisiensi pabrik-pabrik. Lokasi kawasan industri yang sebagian besar di luar Jawa memerlukan sistem produksi yang terbukti tangguh dam efisien.

"Finlandia dapat masuk ke kawasan industri sebagai pemasok dan berinvestasi dengan menggandeng mitra lokal. Mereka juga kuat di teknologi pembangkit listrik dan energi alternatif yang dibutuhkan di remote area," kata dia.

Sebanyak 14 kawasan industri dikembangkan sesuai konsentrasi dan bahan baku yang dihasilkan daerah terkait, antara lain Bintuni Papua Barat (migas dan pupuk), Buli Halmahera Timur, Maluku Utara (smelter ferronikel, stainless steel, dan downstream stainless steel, Bitung Sulawesi Utara (agro dan logistik), dan Palu Sulawesi Tengah (rotan, karet, kakao dan smelter).

Morowali Sulawesi Tengah, Konawe Sulawesi Tenggara, dan Bantaeng Sulawesi Selatan difokuskan pada industri smelter ferronikel, stainless steel, dan downstream stainless steel.

Sementara itu, di Kalimantan, kawasan industri di Batulicin Kalsel (besi baja), Jorong Kalsel (hilirisasi sumber daya mineral (bauksit), kelapa sawit), Ketapang Kalbar (alumina), dan Landak Kalbar (karet, CPO). Di Pulau Sumatera, dikembangkan kawasan industri Kuala Tanjung Sumut (aluminium, CPO), Sei Mangke Sumut (pengolahan CPO), dan Tanggamus Lampung (industri maritim dan logistik).

Menteri Luar Negeri Finlandia, Timo Soini mengakui pihaknya melirik Indonesia karena potensi ekonomi yang luar biasa.

Menurutnya, Indonesia yang sumber daya alam melimpah membutuhkan industri untuk pengembangan potensi serta konektivitas antarpulau. Pihaknya tertarik dengan bisnis pulp dan kelapa sawit, selain investasi industri berbasis teknologi lainnya.

"Investasi Finlandia di Indonesia sekitar setengah milar euro. Kami ingin menggandakannya," kata Timo.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional, Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan, produk dan jasa teknologi Finlandia sudah dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan swasta serta BUMN.

"Di bidang pengolahan mineral dan logam, Krakatau Steel dan Antam sudah menggunakan teknologi Finlandia," ungkapnya.

Saat ini, ekspor Indonesia ke Finlandia antara lain berupa produk karet, alas kaki, mesin, boiler, buah-buahan, keramik dan kayu. Sebaliknya, Finlandia mengapalkan peralatan elektronik, kertas, produk baja, plastik, kapal dan kimia termasuk pewarna. (Dny/Gdn)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini