Sukses

Ini Keuntungan Menggunakan Transaksi Nontunai

Bank Indonesia (BI) berupaya mendorong penggunaan transaksi nontunai.

Liputan6.com, Jakarta [Bank Indonesia (BI)](2346888 "") berupaya mendorong penggunaan transaksi nontunai. Lantaran, transaksi nontunai lebih memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI, Eni V Panggabean menerangkan transaksi non tunai sendiri meliputi uang elektronik, debit, dan kredit. Transaksi non tunai memiliki beberapa keunggulan dari transaksi tunai.

"[BI](2346888 "")ingin mendorong penggunaan non tunai, bukan hanya uang elektronik termasuk debit, kredit membuat transaksi lebih efisien, aman, praktis, bisa dibawa kemana-mana, penyimpanan lebih mudah. Tidak gampang kotor," ujarnya kepada Liputan6.com di SCTV Tower, Jakarta, Kamis (22/10/2015).

Kemudian, adapun keuntungan yang diperoleh BI ialah mengurangi biaya untuk percetakan uang tunai. Untuk perbankan tidak mengeluarkan biaya untuk pengelolaan.

"Dari segi BI, uang yang lusuh kita harus melakukan penarikan percetakan. Untuk perbankan sendiri ada handling cost untuk mengelola uang-uang itu," paparnya.

Eni sendiri menerangkan, uang elektronik sendiri bukan hanya diterbitkan oleh bank namun kini mencakup perusahaan telekomunikasi dan lembaga keuangan bukan bank. BI sendiri telah memberikan izin kepada 20 penerbit.

"Kami melihat penerimaan masyarakat sangat baik, tapi memang ada kendala di daerah karena tergantung pada infrastrukturnya. Sekarang memang dominasi kota besar seperti Jakarta," tandas dia. (Amd/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini