Sukses

Sawit Jadi Komoditas Primadona Indonesia

Saat ini luas lahan kelapa sawit di Tanah Air mencapai 10 juta hektare (ha)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan kelapa sawit masih menjadi komoditas andalan perkebunan Indonesia. Saat ini, luas lahan kelapa sawit di Tanah Air mencapai 10 juta hektare (ha).

"Sawit komoditas perkebunan yang menjadi primadona Indonesia terutama ekspor. Terakhir luas lahan sawit 10,96 juta ha. Ini produksinya 30,95 juta ton. Kira-kira sekitar 1 ha menjadi 3 ton produksi kita," kata Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar Dwi Praptomo, di Palembang Sabtu (17/10/2015).

Dia mengatakan luas kebun kelapa sawit saat ini setara 47,14 persen dari total area kebun sebesar 23,25 ha.

Akan tetapi, Dwi mengaku industri kelapa sawit sedang mengalami tekanan. Lantaran, harga kelapa sawit sedang jatuh seiring dengan melemahnya permintaan.

Oleh karena itu, dia bilang saat ini pemerintah menggandeng kerjasama dengan produsen kelapa sawit guna meningkatkan kualitas agar permintaan kembali meningkat. Dampaknya, harga kelapa sawit membaik.

"Beberapa waktu lalu PM Malaysia dan Presiden Jokowi sepakat menjalin kerjasama mempertahankan posisi nantinya beberapa kebanggaan dan aturan yang memperkuat negara produsen seperti mempertahankan harga, pasar, dan sebagainya," tuturnya.

Tak mau rugi, dia mengatakan sedang mengupayakan pemanfaatan limbah-limbah sawit untuk pakan ternak. Dengan begitu mendorong swasembada daging.

"Fluktuasi meminta kita pemerintah untuk membuat solusi antara lain integrasi sawit dan ternak khususnya sapi.  Kita tahu sawit banyak limbah yg belum dimanfaatkan seperti pelepah daunnya," tandas dia. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini