Sukses

Indonesian Maritime Expo Jadi Cikal Bakal Investment Summit

Indonesian Maritime Expo 2015 menunjukkan potensi sumber daya maritim Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang Indonesian Maritime Expo (IME) 2015 periode 7-9 Oktober 2015 menjadi ajang untuk mempromosikan potensi maritim Indonesia yang layak dan dapat dikerjakan di masa mendatang.

Salah satu pendukung acara IME 2015, jaringan pengusaha nasional (Japnas) menilai potensi acara tahunan tersebut juga ditindaklanjuti dengan kegiatan lebih nyata untuk mengembangkan industri maritim. Untuk Japnas menggagas "Japnas Investment Summit 2016" yang akan digelar Maret 2016.

"IME sekaligus menjadi tolak ukur bagi Japnas mensosialisasikan rencana Japnas Investment Summit 2015. Banyak mendapat dukungan dan sambutan positif," ujar Pengurus Pusat Japnas Sari W. Purnomo.

Sari mengatakan, antusiasme peserta IME 2015 juga sekaligus menunjukkan potensi sumber daya maritim Indonesia sangat besar dan diminati investor lokal dan asing. "Sangat sayang kalau IME 2015 tidak dapat mendatangkan investasi bagi industri maritim Indonesia," kata Sari, Sabtu (10/10/2015).

Pengurus pusat Japnas lainnya, Ritchie Glen Yapranadi menambahkan, sektor keuangan baik perbankan maupun non perbankan seharusnya memberikan kemudahan agar industri maritim Indonesia dapat berkembang pesat.

"Kemudahan dari lembaga keuangan, baik dari dalam dan luar negeri terutama untuk pengembangan industri pesisir sangat perlu untuk menunjang skenario besar Indonesia sebagai poros maritim dunia," ujar Ritchie.

Selain itu, ia mengatakan, pemerintah harus memberikan kemudahan perizinan dan kepastian hukum pada sektor maritim. "Kalau tidak ada keduanya percuma. Yang ada investor malah kabur meninggalkan Indonesia," kata Ritchie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.