Sukses

Ini Dia 5 Wirausahawan Tersukses di Dunia

Amerika adalah salah satu negara yang dinilai sukses mencetak pengusaha.

 
Liputan6.com, Jakarta - Amerika adalah salah satu negara yang dinilai sukses mencetak pengusaha. Jiwa entrepreneur atau wirausaha di Negeri Paman Sam cukup tinggi. Alhasil banyak wirausaha sukses berasal di negara beribu kota Washington DC ini.
 
Perusahaan-perusahaan besar seperti Standard Oil, Ford Motor, juga Faceboook hingga Google, semua terlahir di Amerika Serikat. Namun, di balik perusahaan-perusahaan besar tersebut ada orang-orang hebat yang melahirkannya.  Siapa saja?
 
Seperti dikutip dari Investopedia, berikut 5 wirausaha asal Amerika Serikat tersukses di dunia.
 
1. Andrew Carnegie
 
Carnegie adalah seorang wirausaha AS yang aslinya adalah orang Skotlandia. Lahir di Eropa dengan kondisi ekonomi yang kurang baik, dia dan keluarga pindah ke Pennsylvania, dan punya kehidupan yang lebih baik. 
 
Carnegie adalah pendiri perusahaan produsen baja, Carnegie Steel Company, dan berkembang menjadi salah satu perusahaan terbesar di Amerika Serikat sepanjang sejarah. Di samping sukses menjalankan perusahaannya, Carnegie juga lihai sebagai investor. Menggunakan uang dari perusahaan bajanya, Carnegie berinvetasi di sektor cadangan minyak. Saat meninggal pada 1919, Carnegie punya kekayan bersih mencapai US$ 300 juta yang jika dikonversikan ke mata uang dolar saat ini mencapai US$ 300 miliar atau sekitar Rp 4.182 triliun (kurs Rp 13.900). Lebih besar dari kekayaan Bill Gates, orang terkaya dunia saat ini.
 
2. Henry Ford
 
Henry Ford adalah orang asli Amerika Serikat yang lahir di Michigan pada 1863. Dia lahir dalam kondisi berkecukupan, meski tak begitu kaya. Pekerja keras ini menyelesaikan magang di Dry Dock Company. Pada 1891, dia bertemu dengan Thomas Edison dan berdiskusi mengenai konsep otomobil. Edison suka dengan ide Ford dan akhirnya mengizinkan Ford untuk menggunakan gudangnya sebagai workshop. Di sana, Ford membuat purnarupa (prototipe) dua tipe mobil.
 
Berangkat dari dua protipe tersebut, Ford akhirnya mendirikan Detroit Motor Company, namun perusahaan tersebut tak berumur panjang. Kemudian Ford juga mendirikan Cadillac Car Company, tetapi juga gagal. Hingga pada akhirnya, wirausaha ini mendirikan perusahaan mobil ketiga, yakni Ford yang terkenal hingga kini dengan total penjualan US$ 190 miliar per tahun di seluruh dunia.
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

 
3. Oprah Winfrey
 
Oprah Winfrey adalah salah satu contoh dari orang Amerika Serikat yang sukses. Winfrey menutup rapat-rapat masa lalunya sampai tahun 1986. Di masa kecil dia adalah korban kekerasan seksual saat umur 9 tahun dan hamil kala umur 14 tahun. Namun anaknya meninggal saat proses melahirkan.
 
Cobaan yang dialami Winfrey tersebut pada akhirnya membawa dia ke gerbang kesuksesan. Masa lalunya itu mendaratkannya pada program tv pertama Winfrey pada 1983. Dari sana, Winfrey secara konsisten mengembangkan namanya, merekanya dan dinasti perusahaannya. Dia mendirikan Harpo Studiossa, perusahaan Multimedia di 1988. Perusahaan itu, kini memiliki 250 karyawan. 
 
Winfrey juga salah satu pendiri Oxygen Media, perusahaan media lainnya yang punya saluran televisinya disaksikan lebih dari 50 juta orang setiap tahun. Winfrey seorang superstar televisi punya kekayaan bersih US$ 2,7 miliar.
 
4. Bill Gates
 
Bill Gates adalah salah satu wirausaha Amerika Serikat di bidang teknologi yang paling terkenal di dunia. Dia adalah orang terkaya di dunia dengan total US$ 79,2 miliar menurut Forbes. Gates asli orang Amerika Serikat yang besar di Seattle, Washington. Ia mulai berkutat dengan komputer di masa kecil bersama teman-temannya seperti Paul Allen, rekannya sesama penemu Microsoft. Gates masuk Harvard di mana dia bertemu Steve Balmer, sebelum dikeluarkan dan sama-sama mendirikan Microsoft. Selain sukses sebagai orang terkaya dunia, Gates terkenal dermawan dan punya perkumpulan orang-orang kaya yang dermawan.
 
5. Larry Page
 
Larry Page adalah salah satu pediri Google, nama yang sudah tak asing bagi pengguna internet. Perusahaan ini didirikan oleh Page dan rekannya Sergey Brin kala mereka tengah kuliah doktor di Stanford University. Mereka berdua memang punya jiwa wirausaha yang besar. Dengan hanya menggelontorkan modal US$ 100.000, kini Google menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.