Sukses

Berkaca dari Zona Euro, MEA Bisa Jadi Kekuatan Ekonomi Global

Dengan adanya MEA 2015 diharapkan kawasan ekonomi wilayah ASEAN akan semakin kokoh.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan RI, Thomas Lembong mengatakan, integrasi perekonomian lewat masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) yang akan berlangsung dua bulan lagi merupakan hal yang penting untuk menghadapi tantangan global. Alasannya, negara-negara maju telah mengintegrasikan perekonomian menjadi satu kelompok. Sebut saja, negara-negara Eropa yang menyatu menjadi Uni Eropa (Zona Euro).

"Kita ini bergaul dengan negara-negara besar seperti China, Amerika, India. Bahkan Eropa pun juga menyatu melalui gerakan union atau melalui Euro Zone. Mereka sudah menyatu. Mengorbankan mata uang mereka masing-masing supaya mereka punya satu mata uang bersama," kata dia Jakarta, Senin (28/9/2015).

Menerapkan pola yang sama, ASEAN diharapkan menjadi salah satu kekuatan ekonomi global. Apalagi, perekonomian global saat ini dihadapkan kebijakan Amerika Serikat (AS) serta pelemahan ekonomi China.

"Buat saya sangat jelas, seharusnya logika juga bisa memperlihatkan kita akan lebih kuat menghadapi trend di dunia. Kita menghadapinya bersama," tuturnya.

Thomas menuturkan, dengan penyatuan tersebut diharapkan ASEAN perekonomiannya akan menjadi kokoh. Hal itu menimbang populasi ASEAN yang begitu besar.

"Kita sebagai ASEAN populasinya 600 juta ekonomi se-ASEAN sudah US$ 2,5 triliun. Menurut saya itu sudah jelas sekali. Bahwa kita bisa bersinergi dan berkoordinasi dengan ASEAN kita bisa menghadapi dunia dan menghadapi trend dunia sebagai ASEAN. Kita akan bisa me‎nghadapinya lebih mudah dibandingkan menghadapinya sebagai Indonesia. ASEAN ini sungguh penting," tandas dia.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri menyatakan bahwa Indonesia siap menghadapi pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

"Kalau ditanya siap atau tidak siap, saya nyatakan Indonesia siap dan harus siap menghadapi pemberlakuan MEA 2015," ucapnya. 

Hanif Dhakiri pun membeberkan 3 jurus dan strategi dalam menghadapi pemberlakuan era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 yang akan segera diterapkan dalam jangka waktu 3 bulan lagi:

1. Percepatan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKNNI) di semua sektor,

2. Percepatan penerapan sertifikasi kompetensi kerja bagi pekerja Indonesia yang diakui secara nasional dan internasional,

3. Pengendalian Tenaga Kerja Asing (TKA) yang masuk ke Indonesia sekaligus mendorong pekerja Indonesia agar mampu bersaing dengan pekerja asing. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini