Sukses

BUMN RI Menang Tender Cetak 32,8 Juta Prangko di Filipina

Peruri berpartisipasi dalam tender pencetakan prangko dan bersaing dengan perusahaan lokal Amstar Company Inc.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) menjalin kerja sama dengan Philippines Postal Corporation. Dalam kerja sama ini, Perum Peruri akan mencetak perangko sesuai pesanan.

Penandatanganan kontrak kerja sama antara Perum Peruri dan Philippines Postal Corp dilakukan Direktur Pemasaran dan Pengembangan Usaha Peruri, Atje M. Darjan dan Postmaster General and CEO, MA. Josefina M. Dela Cruz, di Kantor Philippines Postal, Manilla, Kamis (10/9/2015).

"Ruang lingkup kerja sama ini mencakup kegiatan pencetakan prangko edisi Philippine Fruits sebanyak 32,80 juta keping dengan kontrak kerja selama 90 hari kalender sejak perjanjian ditandatangani. Langkah ini kita jadikan pembuka jalan memasuki pasar internasional,“ ucap Direktur Pemasaran dan Pengembangan Usaha Peruri, Atje M. Darjan dalam keterangannya, Kamis (10/9/2015).‎

Keberhasilan Peruri mendapatkan order cetak prangko ini merupakan hasil proses yang panjang. Tahap awal yaitu pengumuman tender pengadaan perangko 2015 oleh Philippines Postal Corp pada bulan Februari 2015.

Peruri berpartisipasi dalam tender tersebut dan bersaing dengan perusahaan lokal Amstar Company Inc. Peruri dinyatakan sebagai pemenang tender pencetakan perangko berdasarkan Notice of Award tanggal 1 September 2015.

“Perlu diketahui bahwa selama ini pencetakan perangko Philippines didominasi oleh Amstar Company Inc, tetapi kita berhasil mengikuti tender dan puji syukur kita dapat memenangkan tender itu dengan menawarkan harga yang lebih ekonomis” sambung Atje M. Darjan.

Perlu diketahui, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32/2006, Peruri adalah satu-satunya BUMN yang secara khusus mempunyai tugas untuk mencetak uang Republik Indonesia (RI).

Selain portofolio bisnis pencetakan uang tersebut, Peruri juga mempunyai portofolio security printing lainnya seperti paspor, perangko, sertifikat tanah, pita cukai, meterai dan lainnya.

Philippines Postal Corporation merupakan Perusahaan Pos milik Philippines yang bergerak dalam mengoperasikan sistem pos nasional serta pengiriman dan pertukaran pos antar bangsa.

Bagi Peruri, kerja sama ini dapat memperluas pasar pada luar negeri, setelah Argentina, Nepal, Sri Lanka target Peruri adalah menguasai pasar ASEAN. “Bagi peruri ini adalah kerjasama pertama dengan Philippines, semoga mereka puas terhadap kualitas cetakan kita dan tentu saja repeat order” pungkas Atje M. Darjan. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini