5 Langkah Tingkatkan Produktivitas Tanpa Smartphone

Oleh Vina A Muliana pada 08 Sep 2015, 06:05 WIB
Diperbarui 08 Sep 2015, 06:05 WIB
5 Tips Membuat 'Hubungan' dengan 'Smartphone' Jadi Lebih Sehat
Perbesar
Ternyata begini caranya untuk 'berhubungan' dengan 'smartphone' dengan cara yang lebih sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak dapat dipungkiri, telepon pintar alias smartphone telah menjadi bagian penting di hidup kita sehari-hari. Entah hanya sebagai alat berkomunikasi atau sebagai sarana penghibur di waktu penat, smartphone yang Anda miliki akan terus menemani Anda sepanjang hari bahkan hingga Anda terlelap sekalipun.

Laporan yang dikeluarkan oleh Bank of America’s Trends in Consumer Mobility Report mengungkapkan bahwa terdapat hubungan yang sangat erat antara konsumen di Amerika dengan smartphone yang mereka miliki. Hasil survey menunjukkan bahwa 71 persen responden tidur dengan posisi smartphone di dekat mereka, 23 persen lainnya bahkan mengungkapkan bahwa mereka sering tertidur dengan posisi smartphone yang masih di tangan.

Hubungan antara smartphone dan penggunanya juga semakin erat. Responden mengungkapkan bahwa 60 persen dari mereka memilih untuk mengecek smartphone yang mereka miliki sebagai tindakan pertama yang dilakukan setelah bangun tidur.

Tidak ada salahnya untuk bermain dengan smartphone Anda, akan tetapi menghabiskan waktu untuk terus mengecek smartphone Anda justru dapat membuat produktivitas Anda semakin menurun.

Seperti yang dikutip dari laman cheatsheet.net Selasa (8/9/2015), berikut langkah-langkah yang dapat Anda ambil agar tidak terlalu sering mengecek smartphone Anda:

1. Jangan bawa smartphone Anda ketika tidur

Walaupun terkadang Anda sering melakukan beberapa aktivitas dengan smartphone Anda sebelum tidur, membawa smartphone Anda bukan merupakan ide yang baik. Bukan hanya dapat mengganggu produktivitas tidur, membawa smartphone ketika tidur juga dapat mengganggu waktu yang seharusnya dapat Anda habiskan dengan keluarga atau orang yang Anda sayang.

2. Pilihlah waktu spesifik untuk mengecek smartphone

Cobalah untuk menahan diri Anda untuk tidak mengecek smartphone di saat dimana Anda harus benar-benar berkonsentrasi. Tunggulah sampai Anda benar-benar memiliki waktu istirahat seperti saat makan siang atau istirahat minum kopi. Jika hal ini sulit untuk dilakukan, cobalah untuk mengambil waktu istirahat di beberapa hari pertama, sampai Anda dapat benar-benar terbiasa untuk tidak mengecek smartphone Anda terlalu sering. Cobalah dengan langkah-langkah kecil, dengan begitu, Anda pun dapat melewati seluruh waktu kerja Anda tanpa harus mengecek smartphone yang Anda miliki.

3. Berkomitmen untuk membuat waktu tanpa smartphone

Percayalah, hal tersebut tidak akan seburuk apa yang Anda kira. Berkomitmen untuk tidak menjawab telepon atau membalas beberapa pesan dari smartphone Anda pada waktu tertentu akan membuat Anda lebih menghargai waktu yang ada.

4. Mematikan notifikasi

Jika mendengar bunyi notifikasi membuat Anda terus menerus mengecek smartphone Anda, berarti satu hal yang perlu Anda lakukan adalah mematikan notifikasi di smartphone Anda. Hal ini dapat sangat mengurangi kecenderungan untuk mengecek smartphone yang ada.

5. Mematikan smartphone

Cobalah untuk mematikan smartphone di saat-saat tertentu. Contohnya saja, ketika Anda harus mengecas batere smartphone Anda. Ingat, masih ada kehidupan lan yang harus Anda nikmati dibandingkan dengan terus menerus menggunakan smartphone. (Vna/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya