Sukses

Selain Dolar AS, Euro dan Yuan Harus Jadi Mata Uang Internasional

Perekonomian di zona Eropa diharapkan segera membaik sehingga mata uang Euro kembali bangkit.

Liputan6.com, Jakarta - Mata uang Yuan China saat ini tengah menjadi bahan perbincangan hangat di seluruh dunia. Yuan bahkan disebut-sebut akan mendampingi atau menggantikan dolar Amerika Serikat (AS) sebagai mata uang internasional.

Mantan Menteri Keuangan (Menkeu) Orde Baru, Fuad Bawazier usai Diskusi "Rupiah Terkapar, Bagaimana dengan Bisnis?" mengungkapkan, dunia ini perlu mempunyai tiga mata uang internasional.

"Jangan cuma dolar AS yang jadi mata uang dunia, sekurang-kurangnya dunia ini perlu tiga mata uang demi kestabilan ekonomi global," tegas dia saat berbincang di Jakarta, Rabu (26/8/2015) malam.

Fuad menyebut, tiga mata uang itu adalah dolar AS, Yuan China dan Euro Eropa. Lebih jauh dijelaskannya, perekonomian di zona Eropa diharapkan segera membaik sehingga mata uang Euro kembali bangkit.

"Sudah pernah dicoba Euro jadi mata uang dunia, tapi kurang kuat dan bermasalah karena terlalu banyak negara di dalam zona Eropa. Tapi harapannya ekonomi Eropa lekas stabil," ujar Fuad yang kini sibuk sebagai Pengamat Ekonomi itu.

Sementara Yuan China, kata Fuad, sudah sangat siap menjadi mata uang internasional karena dukungan kekuatan perekonomian Negeri Tirai Bambu yang mencatatkan Product Domestic Bruto (PDB) di atas 20 persen dari total PDB dunia.

"Yuan China sudah mulai menjadi super power. Dan AS dengan dolarnya juga ditopang kedigdayaan ekonomi AS yang besar. Jadi perlu ada Euro, Yuan dan dolar AS sebagai mata uang dunia," ucapnya.

Selama ini, sambung Fuad, mata uang dunia hanya tunggal yakni dolar AS sehingga seluruh negara bergantung pada AS dan Bank Sentralnya The Federal Reserve. Dengan begitu, tambah dia, ketika ada kebijakan dari The Fed, maka seluruh dunia goyang.

"Kalau cuma satu mata uang, tunggal dolar AS sebagai mata uang internasional, maka gonjang ganjing akan semakin parah," terang dia.

Lalu apa dampaknya bagi Indonesia apabila mata uang Yuan, dolar AS dan Euro resmi menjadi mata uang dunia?

"Ekonomi kita akan lebih stabil, karena kita punya cadangan devisa dari tiga mata uang tersebut, lebih bervariasi. Jadi kalau ada sentimen negatif, Indonesia tidak terlalu parah gonjang ganjingnya," tandas Fuad. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini