Sukses

8 Selebriti Dunia yang Sukses Danai Perusahaan Rintisan

Berikut ini daftar 8 selebriti Hollywood yang meraih sukses dengan mendanai perusahaan rintisan (start-up).

Liputan6.com, New York - Dunia hiburan dan teknologi seperti tidak terpisahkan dari perekonomian Amerika Serikat AS. Hollywood dan Silicon Valley seolah saling tarik-menarik.

Tidak mengherankan kalau banyak selebriti top di negara yang dipimpin oleh Barack Obama tersebut berubah menjadi investor perusahaan rintisan (start-up).

Tapi memang, tak semua perusahaan yang didanai oleh  para selebriti tersebut mampu berkembang dengan baik. Hanya sedikit dari perusahaan rintisan tersebut yang bisa meraih kesuksesan.

Berikut ini 8 selebriti Hollywood yang meraih sukses dengan mendanai perusahaan rintisan, seperti dikutip dari CNBC Minggu (16/8/2015):

1. Bono

Penyanyi band U2 ini membuat perusahaan Elevation Partners di 2004. Bisnisnya fokus pada bidang media, hiburan, dan teknologi, dengan aset US$ 1,9 miliar. Perusahaan ini juga membeli US$ 120 juta saham Facebook pada 2010. Lalu, pada 2012 atau ketika Facebook melepas saham ke publik, perusahaan melepas 11,5 persen saham tersebut. Bono berhasil meraih keuntungan sebesar US$ 10 juta dari aksi penjualan tersebut.

2. Leonardo DiCaprio

Pada 2011, aktor ini menginvestasikan US$ 4 juta uangnya di Mobli, sebuah perusahaan aplikasi foto asal Tel Aviv, Israel. DiCaprio juga terlibat dalam hal marketing dan branding produk ini. Banyak teman selebriti yang ikut membantu memasarkan. Mobli saat ini masih harus berjuang keras mengalahkan lawan tangguh, Instagram. Pengguna Mobli tidak lebih dari 10 persen pengguna Instagram.

3. Aston Kutcher

Selama beberapa tahun terakhir Kutcher telah menjadi investor untuk banyak perusahaan. Pada 2009, ia menginvestasikan uangnya di Skype, lalu dibeli Microsoft dua tahun kemudian. Melalui perusahaannya bernama A-Grade Investment, sudah lebih dari dua lusin perusahaan ia danai, termasuk Uber, Airbnb, dan Spotify.

4. Jared Leto

Peraih Oscar ini memang tidak pernah menunjukkan diri sebagai investor. Tapi lebih dari 40 perusahaan telah ia danai, seperti Blue Bottle Coffe, Zenefits, dan Meerkat. Menurut dia, investasi terbaiknya ada di Invternet of Things yang dibeli Google sebesar US$ 3,2 miliar di 2014.

5. Nas

Penyanyi rap ini juga menginvestasikan uangnya di banyak perusahaan. Ia punya perusahaan QueensBridge Venture Partners yang mengelola dana-dana tersebut. Kesuksesan Nas di dunia tarik suara juga tidak terlepas dari sistem pendanaan serupa.

6. Madonna

Setelah minum Vita Coco selama turnya, Madonna menginvestasikan US$ 1,5 juta ke produk ini pada 2010. Investasi ini membuahkan hasil karena kepopuleran minuman air kelapa itu terus menanjak. Vita Coco berhasil meraih pangsa pasar sebesar 40 persen di Amerika Serikat. Penjualannya mencakup ke 30 negara dengan total US$ 421 juta tahun lalu.

7. Magic Johnson

Setelah pensiun sebagai pemain basket NBA, Johnson banyak terlibat dalam berbagai bisnis. Mulai dari bioskop, klub fitness, dan waralaba Burger King. Pada 2010 ia mendivestasikan kepemilikannya di Starbuck dan Los Angeles Lakers senilai US$ 100 juta.

8. Justin Bieber

Bintang pop ini secara diam-diam memulai pendanaan bisnis start-up pada 2009. Sejak itu ia telah mengalokasikan uangnya untuk pengembangan bisnis aplikasi pesan singkat TinyChat, aplikasi rating Stamped, dan streaming musik Spotify.

Reporter: Elsa Analet

(Elsa/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini