Sukses

Butuh Modal Usaha? Lakukan 5 Hal Ini

Konsep bisnis sudah rampung namun belum ada modal untuk menjalankannya.

Liputan6.com, Jakarta - Konsep bisnis sudah rampung namun belum ada modal untuk menjalankannya?. Atau bisnis Anda sudah berjalan namun kesulitan modal untuk melakukan ekspansi bisnis?.

Memang mendapatkan modal usaha akan terasa mudah jika Anda memiliki strategi dan bertemu dengan calon investor yang tepat. Lantas mungkinkah hal itu?

Berikut ini adalah 5 cara mendapatkan modal dari para innvestor melansir laman Entrepreneur, Jumat (14/8/2015):

 1. Pameran bisnis

Direktur UMKM BRI Djarot Kusumayakti (kanan) berbincang dengan peserta pameran di stand mitra binaan BRI, pada Peringatan Ultah ke-31 Dewan Kerajinan Nasional, di Gedung Smesco UKM, Jakarta. (Antara)

Pameran bisnis, selain untuk mempromosikan produk juga dirancang untuk membantu pengusaha bertemu dengan calon investor yang berpotensi mengucurkan uangnya untuk mendanai bisnis baru Anda.

Selain itu, Anda berkesempatan bertemu dengan berbagai macam orang baru yang juga dapat membantu perkembangan bisnis seperti mentor atau orang yang ingin ikut bekerjasama dalam usaha.

2. Kompetisi ide bisnis

Pemerintah atau perusahaan adakalanya membuat kompetisi ide bisnis. Hadiah dari perlombaan tersebut biasanya berupa bantuan modal atau bantuan pengembang bisnis.

Kegiatan ini merupakan ajang presentasi ide-ide baru, yang mana menjadi magnet bagi investor untuk mengetahuinya. Anda bisa ikut serta dalam kompetisi tersebut atau hanya sekedar bertemu dengan orang baru.

3. Lingkungan Komunitas

Komunitas lari seluruh Indonesia diundang untuk ikut lomba lari League Grip The Road (istimewa)

Kebanyakan investor memberikan kucuran modal kepada komunitasnya. Mereka biasanya menjadi orang yang berpengaruh di lingkungan masyarakat atau pada suatu komunitas.

Apapun yang terjadi, kegiatan relawan, dan organisasi masyarakat adalah peluang sempurna untuk bertemu investor baru. Jika Anda tidak bertemu dengan mereka secara langsung, Anda dapat bertemu seseorang yang mengenal mereka.

4. LinkedIn dan jejaring sosial

LinkedIn (theverge)

LinkedIn bisa dibilang yang terbaik untuk memnbangun jaringan profesional. Apakah Anda pernah menggunakan LinkedIn untuk mencari pekerjaan, mencari karyawan atau berkenalan dengan orang baru? Kenapa tidak mencoba menggunakan LinkedIn untuk mendapatkan investor yang potensial bagi bisnis Anda.

Gunakan juga jejaring sosial lain yang lebih spesifik terkait bisnis dalam fase awal, misalnya, AngelList. AngelList membantu menghubungkan pengusaha dengan investor dan pekerja.

5. Nomor kontak handphone

Ilustrasi charger handphone | Via: lebahmaster.com

Ini adalah metode yang paling populer dan paling efektif untuk mencari calon investor.Beberapa investor cenderung menghindari sorotan publik, jadi sulit untuk bertemu mereka secara pribadi. berkomunikasi lewat telepon atau aplikasi chat. (Ilh/Nrm)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.